PEMBAHASAN POST TEST KELAS X.4 DAN KESIMPULAN

 NAMA GURU                                     :  DESI AMALIA, S. Pd

2.       MATA PELAJARAN                           :  KIMIA

3.       KELAS                                                  :  X.4

4.       PERTEMUAN                                      :  ke 3

5.       CP                                                           Peserta didik mampu mengamati, menyelidiki dan menjelaskan fenomena sesuai kaidah kerja ilmiah dalam menjelaskan konsep kimia dalam kehidupan sehari hari; menerapkan konsep kimia dalam pengelolaan lingkungan termasuk menjelaskan fenomena pemanasan global;menuliskan reaksi kimia dan menerapkan hukum-hukum dasar kimia; memahami struktur atom dan aplikasinya dalam nanoteknologi

6.       TUJUAN PEMBELAJARAN              : 10. 2 Menganalisis dan menyajikan jenis-jenis materi dan perubahannya yang ada di kehidupan sehari-hari

7.       MATERI                                                : Materi dan Perubahannya

8.       METODE / PROFIL PELAJAR PANCASILA :  diskusi, tanya jawab / Berfikir kritis, mandiri, gotong royong.

9.       STRATEGI                                            : Guru memberikan konten ,  masing-masing siswa membuat resume terhadap analisa melalui media belajar yang diberikan dan mendiskusikannya di kelompoknya masing-masing lalu mengerjakan LKPD, Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan sumber belajar dari media yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar , Siswa berkolaborasi mendiskusikan LKPD yang dibuat Siswa berdiskusi untuk menyimpulkan dan mempresentasikan hasil diskusi  kelompok secara klasikal, Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru


PEMBAHASAN POST TEST ( LATIHA N SOAL )  PERTEMUAN KE 3 :

Perhatikan gambar dibawah ini : 



1.      Apakah yang terdapat di dalam gelas? Bagaimana wujud zat yang terdapat di dalam gelas?

JAWAB ; AIR , CAIR

2.      Berdasarkan jawaban no 1, sebutkan penyusun zat tersebut?

JAWAB : MOLEKUL AIR TERSUSUN DARI ATOM HIDROGEN ( H ) SEBANYAK 2 ATOM , dan ATOM OKSIGEN SEBANYAK 1 ATOM. 

3.  Apakah perbedaan antara perubahan kimia dan perubahan fisika ? Berikan contohnya masing- masing ?

JAWAB : 

CIRI_CIRI PERUBAHAN FISIKA ;

A. PERUBAHAN YANG TIDAK MEMBENTUK ZAT BARU

B. ZAT YANG BERUBAH DAPAT KEMBALI KE BENTUK SEMULA.

C. PERUBAHAN HANYA TERJADI PADA WUJUDNYA SAJA, TANPA MENGUBAH SIFAT DAN STRUKTUR ZAT NYA

CONTOH ; ES MENCAIR, LILIN TERBAKAR,  KAPUR BARUS YANG LAMA KELAMAAN HABIS DIRUANGAN TERBUKA, KACA/ PAGAR  YANG BEREMBUN PADA PAGI HARI, DLL

CIRI-CIRI PERUBAHAN KIMIA ;

A. PERUBAHAN YANG MEMBENTUK ZAT BARU

B. ZAT YANG BERUBAH TIDAK  DAPAT KEMBALI KE BENTUK SEMULA.

C. TERJADI PERUBAHAN PADA SIFAT DAN STRUKTUR ZAT NYA

CONTOH ; KAYU DIBAKAR, NASI/ SUSU MENJADI BASI, PELAPUKAN KAYU, BESI BERKARAT, DAGING MEMBUSUK, DLL.

4.       Jelaskan perbedaan antara atom, molekul dan ion ! berikan contohnya !

JAWAB ; 

* ATOM ADALAH BAGIAN TERKECIL DARI SUATU UNSUR YANG TIDAK DAPAT DIBAGI LAGI. CONTOH ; ATOM HIDROGEN ( H ) , ATOM OKSIGEN ( O) , ATOM NITROGEN ( N ),ATOM CARBON ( C ), DLL 

* MOLEKUL ADALAH GABUNGAN DARI DUA ATOM ATAU LEBIH . CONTOH ; KARBON DIOKSIDA ( CO2 ), NITROGEN MONOKSIDA ( NO ), ASAM KLORIDA 

( HCl ), AMONIA ( NH3) , GAS OKSIGEN ( O2 ), DLL

* ION ADALAH ATOM YANG BERMUATAN POSITIF / NEGATIF . CONTOH ; 

PERHATIKAN TABEL KATION DAN ANION DIBAWAH INI :



5.       Jelaskan perbedaan antara unsur, senyawa dan campuran ?

                            JAWAB : unsur adalah zat yang tidak dapat diuraikan lagi, senyawa adalah gabungan dua atau lebih unsur berbeda, dan campuran adalah gabungan dua atau lebih zat berbeda,


KESIMPULAN TUJUAN PEMBELAJARAN HARI INI ;      

1. mAteri dalam pengertian ilmu kimia merupakan segala sesuatu yang memiliki masa dan memiliki volume, atau dalam kata lain, materi adalah segala sesuatu yang menempati ruang.

2. SIFAT ZAT TERBAGI MENJADI DUA , YAITU : SIFAT FISIKA DAN KIMIA .

3. SIFAT FISIKA ADALAH SIFAT YANG BERKAITAN DENGAN PENAMPAKAN / KEADAAN SIFAT FISIS SUATU ZAT TERSEBUT. 

CONTOH ; WUJUD ZAT, WARNA , KELARUTAN, DAYA HANTAR LISTRIK, KEMAGNETAN.

4. SIFAT KIMIA ADALAH SIFAT YANG BERKAITAN DENGAN PERUBAHAN KIMIA PADA  YANG TERJADI ZAT TERSEBUT . 

CONTOH : MUDAH TERBAKAR, MUDAH BUSUK / ASAM, BERKARAT , MUDAH MELEDAK, BERACUN 

5.PERUBAHAN MATERI  ( BENTUK ZAT ) TERBAGI MENJADI DUA , YAITU ; PERUBAHAN FISIKA DAN KIMIA .  PERUBAHAN FISIKA ADALAH PERUBAHAN BENTUK DAN UKURAN SUATU ZAT, TETAPI TIDAKMENGHASILKAN ZAT BARU . CONTOH , MEMBEKU , MENCAIR, MENGUAP, MENGEMBUN, MENYUBLIM, DAN MENGKRISTAL. PERUBAHAN KIMIA ADALAH PERUBAHAN BENTUK DAN UKURAN SUATU ZAT, SERTA MENGHASILKAN ZAT BARU. CONTOH PERKARATAN PADA BESI, KAYU ATAU KERTAS YANG DIBAKAR, NASI MENJADI BASI. DLL .

6. CIRI_CIRI PERUBAHAN FISIKA ;

A. PERUBAHAN YANG TIDAK MEMBENTUK ZAT BARU

B. ZAT YANG BERUBAH DAPAT KEMBALI KE BENTUK SEMULA.

C. PERUBAHAN HANYA TERJADI PADA WUJUDNYA SAJA, TANPA MENGUBAH SIFAT DAN STRUKTUR ZAT NYA

CIRI-CIRI PERUBAHAN KIMIA ;

A. PERUBAHAN YANG MEMBENTUK ZAT BARU

B. ZAT YANG BERUBAH TIDAK  DAPAT KEMBALI KE BENTUK SEMULA.

C. TERJADI PERUBAHAN PADA SIFAT DAN STRUKTUR ZAT NYA

10.   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisi-kisi STS Kimia Fase E

Latihan persiapan SAS Kimia Genap

Hukum Dasar Kimia