Kisi-kisi STS Kimia Fase E

      1. Identitas :

  • Nama Guru       : Desi Amalia, S. Pd, Gr.
  • Mata Pelajaran  : Kimia
  • Kelas                 : X.1-X.9
  • Pertemuan         : Minggu ke 13
2. Materi  :  Kisi-Kisi STS Kimia

3. Capaian Pembelajaran  :  Pada akhir fase E, peserta didik memiliki kemampuan untuk memahami sistem pengukuran, energi alternatif, ekosistem, bioteknologi, keanekaragaman hayati, struktur atom, reaksi kimia, hukum-hukum dasar kimia, dan perubahan iklim sehingga responsif dan dapat berperan aktif dalam memberikan penyelesaian masalah pada isu-isu lokal dan global. Semua upaya tersebut diarahkan pada pencapaian tujuan pembangunan yang berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs).

4. Tujuan Pembelajaran  : 
Tujuan yang ingin dicapai dari pembelajaran ini adalah, Peserta didik mampu:
- Menganalisis karakteristik perubahan fisika dan kimia serta mengamati perubahan kimia didalam kehidupan sehari-hari.
Menganalisis perkembangan model atom dari model atom Dalton, Thomson, Rutherford, Bohr ,dan Mekanika Kuantum
-               menentukan Notasi nuklida berdasarkan jumlah proton, elektron dan neutron dan  dapat membandingkan perbedaan antara isotop, isobar dan isoton

-       menentukan konfigurasi elektron menurut model atom Bohr melalui tabel data beberapa unsur.


5. Metode Pembelajaran  : Diskusi, tanya jawab, ceramah dengan model pembelajaran based learning

6. Pengembangan Materi  : 
  •  Materi : 

1.     1.  Peserta didik Menjelaskan tentang Hakikat ilmu Kimia.

2.   2.    Peserta didik Menjelaskan pengertian dari suatu materi dan menyebutkan contohnya didalam kehidupan sehari-hari.

3.     3.  Peserta didik Memperhatikan suatu table dan menentukan yang mana unsur, molekul unsur dan molekul senyawa .

Au =

K2CO3 =

H2 =

Cl2 =

Mg =

Ni =

KF =

SO3 =

FeBr =

I2 =

He =

O=

 

4.      4. Peserta didik menyebutkan contoh peristiwa perubahan fisika dan kimia .

5.      5. Peserta didik menggambarkan suatu model atom menurut pekembangan model atom.

6.     6.  Peserta didik menyebutkan kelemahan dari suatu model atom bohr,

7.    7.   Peserta didik menentukan no.atom, no massa, jumlah proton, jumlah electron dan jumlah neutron dibawah ini :

 

Atom/Nuklida

No Atom

No Massa

 Σp

Σe

Σn

25Mn55

 

 

 

 

 

16 32S2-

 

 

 

 

 

11 23Na+

 

 

 

 

 

8.  8.     Peserta didik mengelompokkan manakah yg termasuk isotop, isobar dan isoton ! 

 

11Na23

 

 

  

 

 

12Mg23 

 

 

 

9.          9 Peserta didik menjelaskan tentang Konfigurasi electron dan Electron valensi.

10   10.  Peserta didik menuliskan konfigurasi electron dari : 

a.       38Sr =

b.       54Xe =

c.        82Pb=


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latihan persiapan SAS Kimia Genap

Penurunan Titik beku Larutan dan Faktor-Faktor yang mempengaruhi nya