Metode ilmiah
NAMA GURU : DESI AMALIA, S. Pd
2. MATA PELAJARAN : KIMIA
3. KELAS : X. 2 dan X 9
4. PERTEMUAN : ke 4
5. CP :
6. TUJUAN PEMBELAJARAN : TP. 3 Peserta didik mampu Memahami sistematika metode ilmiah sebagai proses menemukan solusi dari suatu masalah ,
3.1. Menjelaskan metode ilmiah
3.2. Memahami cara kerja ilmuwan kimia dalam melakukan penelitian dengan menggunakan metode ilmiah (membuat hipotesis, melakukan percobaan, dan menyimpulkan).
3.3 Merancang percobaan ilmiah, misalnya menentukan variabel yang mempengaruhi kelarutan gula dalam air dan mempresentasikan hasil percobaan.
7. MATERI : Metode Ilmiah
8. METODE / PROFIL PELAJAR PANCASILA : diskusi, tanya jawab / Berfikir kritis, mandiri, gotong royong.
9. STRATEGI : Guru memberikan konten , Guru memberikan kesempatan pada Siswa untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan sumber belajar dari media yang disajikan dan akan menjawab melalui kegiatan belajar (Profil Pelajar Pancasila = Berfikir Kritis), Siswa merencanakan tugas proyek membuat penelitian faktor yang mempengaruhi kelarutan air, siswa menentukan variable terikat dan variable bebas. Laporan bisa berupa video maupun tulisan Pelajar Pancasila = Gotong Royong) , · Siswa berdiskusi untuk membuat tagline tugas proyek menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru (Profil Pelajar Pancasila = Berfikir Kritis) ,
10. PENGEMBBANGAN MATERI :
Metode Ilmiah
Latihan Soal :
1. Langkah-langkah kerja berikut ini diperlukan ilmuan dalam mengembangkan ilmu kimia.
(1) Merumuskan masalah
(2) Melakukan eksperimen
(3) Mengolah data
(4) Menemukan masalah
(5) Menyusun kerangka teori
(6) Membuat laporan
(7) Menarik kesimpulan
(8) Merumuskan hipotesis
Urutan langkah kerja sesuai metode ilmiah yaitu ….
a. 4 – 1 – 5 – 8 – 2 – 3 – 7 – 6
b. 1 – 4 – 2 – 3 – 5 – 6 – 7 – 8
c. 2 – 7 – 4 – 6 – 5 – 3 – 1 – 8
d. 5 – 1 – 3 – 8 – 7 – 2 – 4 – 8
e. 1 – 2 – 3 – 4 – 5 – 6 – 7 – 8
2. Kegiatan dengan menggunakan panca indra untuk mendapatkan informasi tentang sesuatu disebut ….
a. Observasi
b. Bertanya
c. Meramal
d. Mengumpulkan informasi
e. Mencari literatur
3. Seorang siswa akan mencoba menerapkan metode ilmiah. Setelah ia menyelesaikan proses pengumpulan data, maka siswa tersebut seharusnya segera melakukan ….
a. Melakukan uji ulang
b. Melakukan olah data
c. Melakukan presentasi
d. Mengumpulkan informasi
e. Mencari literatur
4. Praduga seorang ilmuan terhadap suatu kasus yang didasarkan pada telaah pustaka atau pengumpulan informasi disebut …
a. Hipotenusa
b. Sintesa
c. Antitesa
d. Hipotesa
e. Analisa
Komentar
Posting Komentar