Post test larutan elektrolit dan non elektrolit

 Nama Guru : Desi Amalia, S.Pd

Mata Pelajaran : Kimia

Kelas : X IPA 5

Kode KD : 3.8 yaitu Menganalisis sifat larutan elektrolit dan larutan nonelektrolit berdasarkan daya hantar listriknya.

Materi : Daya Hantar Listrik Larutan

Tujuan Pembelajaran : siswa harus bisa memahami materi tentang larutan elektrolit dan non elektrolit dengan cara mengerjakan soal-soal berikut ini. 


Assalamualaikum Wr WB..

Halo semuanya anak² Bu Desi yang Soleh dan Solehah..

Bagaimana kbrnya hari ini nak? Semoga selalu sehat wal'afiat dan dilindungi oleh ALLAH SWT.. Aamiin..

Untuk hari ini kita sudah memasuki Minggu ketiga  disemester genap ya nak, gimana masih semangat kan untuk mengikuti PJJ kimia? Harus tambah semangat pastinya ya, karena masih banyak materi baru bagi kalian,yang belum pernah kalian dapat ketika kalian duduk di bangku SMP. Yuk mulai dari sekarang yang masih suka leyeh², kebiasaan tidak baik ketika di SMP tolong di tinggalkan ya nak..karena kalian sudah duduk di bangku SMA, pastinya pola pikir kalian bertambah tinggi, lebih dewasa lagi , lebih bertanggungjawab lagi kepada diri sendiri pastinya. Gimana sih cara nya bertanggung jawab kepada diri sendiri itu ??ya contoh nya, kalian harus bertanggung jawab dengan kewajiban Kalian sebagai anak dari orangtua kalian, sebagai pelajar, dan pastinya sebagai diri kalian sendiri. Kewajiban nya dimulai dari kalian melaksanakan sholat 5 waktu, ditambah solat Sunnah nya, belajar mendisplinkan waktu untuk belajar, memanage waktu kalian dengan sebaik-baiknya diisi dengan hal-hal yang baik pula.

Adapun tahapan kegiatan PJJ kita hari ini adalah :

  • Perhatikan contoh soal berikut ini ! Pahamilah terlebih dahulu 

1. Perhatikan hasil percobaan berikut.

Dari data tersebut, larutan yang mengandung zat terlarut berupa molekul-molekul adalah …

A. Larutan X dan larutan Y

B. Larutan Y saja

C. Larutan X saja

D. Larutan Z saja

E. Larutan X dan larutan Z

Pembahasan:

Larutan yang mengandung zat terlarut berupa molekul merupakan larutan yang tidak terionisasi. Di mana larutan yang tidak terionisasi adalah larutan nonelektrolit. Ciri-ciri larutan nonelektrolit diantaranya lampu tidak menyala, dan tidak terdapat gelembung gas. Berdasarkan tabel soal, yang sesuai dengan ciri-ciri larutan nonelektrolit adalah larutan Y saja.


2. Perhatikan beberapa larutan berikut!

1) Ba(NO₃)₂ 0,2 M

2) SrCl₂ 0,1 M

3) C₁₂H₂₂O₁₁ 0,5 M

4) CH₃COONa 0,1 M

Berdasarkan data tersebut, urutan larutan dengan kekuatan daya hantar listrik dari yang paling lemah adalah …

A. 1)-4)-3)-2)

B. 2)-4)-1)-3)

C. 2)-1)-4)-3)

D. 3)-4)-1)-2)

E. 3)-4)-2)-1)

Pembahasan :

Urutan kekuatan daya hantar listrik dari yang paling lemah, yaitu:

larutan nonelektrolit < larutan elektrolit lemah < larutan elektrolit kuat

Selanjutnya, daya hantar listrik suatu larutan dipengaruhi oleh konsentrasi, jumlah ion, dan jenis zat terlarut. Berikut jumlah ion untuk tiap-tiap larutan tersebut.

1) Ba(NO₃)₂ 0,2 M

Ba(NO₃)₂ Ba2+ + 2NO₃-, n= 3

(n = jumlah ion, diperoleh dari jumlah koefisien produk)

Konsentrasi×jumlah ion = 0,2 × 3 = 0,6 M

2) SrCl₂ 0,1 M

SrCl₂ Sr2+ + 2Cl-, n= 3

Konsentrasi×jumlah ion = 0,1 × 3= 0,3 M

3) C₁₂H₂₂O₁₁ adalah sukrosa yang tergolong larutan nonelektrolit.

4) CH₃COONa 0,1 M

CH₃COONa CH₃COO- + Na+, n= 2

Konsentrasi×jumlah ion = 0,1 × 2= 0,2 M

Jadi, urutan kekuatan daya hantar listrik dari yang paling lemah yaitu: 3)-4)-2)-1).

3.Jumlah asam asetat mula-mula adalah 10 mol dan terionisasi sebesar 2,0 mol, maka asam asetat memiliki derajat ionisasi sebesar … dan termasuk …

Jawaban : 


Karena nilai α diantara 0 – 1, maka termasuk elektrolit lemah.

4. Larutan asam sulfat dapat menghantarkan listrik dengan baik karena …

  • dapat larut dalam air
  • dalam air terionisasi sebelum dihubungkan dengan baterai
  • merupakan senyawa ion
  • mengalami ionisasi dengan adanya arus listrik
  • larut dalam air dengan melepaskan elektron

Jawaban

Merupakan senyawa ion. Senyawa ion dalam fase larutan (pelarut air) dapat menghantarkan listrik dengan baik karena dalam larutan ion-ionnya dapat bergerak bebas

  • Langkah yang kedua adalah setelah kalian menyimak dan memahami materi contoh soal di atas, list absen nama kalian di kolom komentar blogger,jika ada yang ingin ditanyakan,silahkan kalian tanyakan di kolom komentar dan kita berdiskusi dengan grup kelas.
  • Setelah berdiskusi dengan grup kelas via WA, kerjakan lah post test sebagaimana evaluasi penilaian hari ini.
  • Soal akan Bu Desi share setelah kita berdiskusi di grup kelas,
  • Post test di tulis di buku latihan, dan dikirimkan via Telegram maksimal jam 21.00 Wib
Demikianah tahapan kegiatan PJJ kita hari ini, jangan lupa untuk melaksanakan solat 5 waktu dan solat Sunnah lainnya..semangatttt 😍


Komentar

  1. Natasyah Amanda Novi Syahfitr
    X IPA 5

    BalasHapus
  2. Benardy Fatih Wicaksono
    X IPA 5

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penurunan Titik beku Larutan dan Faktor-Faktor yang mempengaruhi nya

Keselamatan dan keamanan kerja di laboratorium

KISI-KISI PTS KIMIA GANJIL KELAS X