Guru
:
|
Orientasi
|
●
|
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan
YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran
|
●
|
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
|
●
|
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
|
Aperpepsi
|
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
●
|
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
|
●
|
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
Motivasi
|
●
|
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
|
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
|
|
Beberapa
Sel Volta dalam Kehidupan Sehari-hari
|
|
|
●
|
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
|
●
|
Mengajukan
pertanyaan
|
Pemberian
Acuan
|
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
●
|
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
●
|
Pembagian
kelompok belajar
|
●
|
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
Kegiatan Inti ( 150 Menit )
|
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
KEGIATAN LITERASI
|
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Beberapa Sel Volta dalam Kehidupan Sehari-hari dengan cara :
|
→
|
Melihat
(tanpa atau dengan Alat)
|
|
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
|
→
|
Mengamati
|
●
|
Lembar
kerja materi Beberapa Sel Volta dalam Kehidupan Sehari-hari
|
●
|
Pemberian
contoh-contoh materi Beberapa Sel Volta dalam Kehidupan Sehari-hari untuk
dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
|
→
|
Membaca.
|
|
Kegiatan
literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan Beberapa Sel Volta dalam Kehidupan Sehari-hari
|
→
|
Menulis
|
|
Menulis
resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Beberapa Sel Volta dalam
Kehidupan Sehari-hari
|
→
|
Mendengar
|
|
Pemberian
materi Beberapa Sel Volta dalam Kehidupan Sehari-hari oleh guru.
|
→
|
Menyimak
|
|
Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi :
|
|
Beberapa
Sel Volta dalam Kehidupan Sehari-hari
|
|
|
|
untuk
melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan,
ketelitian, mencari informasi.
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
|
→
|
Mengajukan
pertanyaan tentang materi :
|
|
Beberapa
Sel Volta dalam Kehidupan Sehari-hari
|
|
|
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk
pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
KEGIATAN LITERASI
|
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
|
→
|
Mengamati
obyek/kejadian
|
|
Mengamati
dengan seksama materi Beberapa Sel Volta dalam Kehidupan Sehari-hari yang
sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan
dan mencoba menginterprestasikannya.
|
→
|
Membaca
sumber lain selain buku teks
|
|
Secara
disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai
referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman
tentang materi Beberapa Sel Volta dalam Kehidupan Sehari-hari yang sedang
dipelajari.
|
→
|
Aktivitas
|
|
Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Beberapa
Sel Volta dalam Kehidupan Sehari-hari yang sedang dipelajari.
|
→
|
Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber
|
|
Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Beberapa Sel Volta dalam Kehidupan
Sehari-hari yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
|
|
|
COLLABORATION (KERJASAMA)
|
Peserta
didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
|
→
|
Mendiskusikan
|
|
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai
materi Beberapa Sel Volta dalam Kehidupan Sehari-hari
|
→
|
Mengumpulkan
informasi
|
|
Mencatat
semua informasi tentang materi Beberapa Sel Volta dalam Kehidupan Sehari-hari
yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan
menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
|
→
|
Mempresentasikan
ulang
|
|
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri Beberapa Sel Volta dalam Kehidupan Sehari-hari sesuai dengan
pemahamannya.
|
→
|
Saling
tukar informasi tentang materi :
|
|
Beberapa
Sel Volta dalam Kehidupan Sehari-hari
|
|
|
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh
sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara
:
|
→
|
Berdiskusi
tentang data dari Materi :
|
|
Beberapa
Sel Volta dalam Kehidupan Sehari-hari
|
|
|
→
|
Mengolah
informasi dari materi Beberapa Sel Volta dalam Kehidupan Sehari-hari yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
|
→
|
Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Beberapa Sel Volta dalam
Kehidupan Sehari-hari
|
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
|
→
|
Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
|
|
Beberapa
Sel Volta dalam Kehidupan Sehari-hari
|
|
|
antara
lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
|
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
|
→
|
Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Beberapa
Sel Volta dalam Kehidupan Sehari-hari berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan
pendapat dengan sopan.
|
→
|
Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
|
|
Beberapa
Sel Volta dalam Kehidupan Sehari-hari
|
|
|
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Beberapa Sel Volta dalam Kehidupan
Sehari-hari dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
|
→
|
Bertanya
atas presentasi tentang materi
Beberapa Sel Volta dalam Kehidupan Sehari-hari yang dilakukan dan
peserta didik lain diberi kesempatan untuk
menjawabnya.
|
|
|
CREATIVITY (KREATIVITAS)
|
→
|
Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa :
|
|
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
|
|
Beberapa
Sel Volta dalam Kehidupan Sehari-hari
|
|
|
→
|
Menjawab
pertanyaan tentang materi Beberapa Sel
Volta dalam Kehidupan Sehari-hari yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
|
→
|
Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi
Beberapa Sel Volta dalam Kehidupan Sehari-hari yang akan selesai
dipelajari
|
→
|
Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Beberapa
Sel Volta dalam Kehidupan Sehari-hari yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu
untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
Catatan
: Selama pembelajaran Beberapa Sel
Volta dalam Kehidupan Sehari-hari berlangsung, guru mengamati sikap siswa
dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
Peserta
didik :
|
●
|
Membuat
resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Beberapa Sel Volta dalam Kehidupan
Sehari-hari yang baru dilakukan.
|
●
|
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
Beberapa Sel Volta dalam Kehidupan Sehari-hari yang baru diselesaikan.
|
●
|
Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
Guru
:
|
●
|
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Beberapa Sel Volta dalam
Kehidupan Sehari-hari
|
●
|
Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
●
|
Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran
Beberapa Sel Volta dalam Kehidupan Sehari-hari kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
Komentar
Posting Komentar