Keselamatan dan keamanan kerja di laboratorium

   NAMA GURU                                     :  DESI AMALIA, S. Pd

2.       MATA PELAJARAN                           :  KIMIA

3.       KELAS                                                  :  X. 1 dan X. 7

4.       PERTEMUAN                                      : Minggu ke 5

5.       CP                                                           Peserta didik mampu mengamati, menyelidiki dan menjelaskan fenomena sesuai kaidah kerja ilmiah dalam menjelaskan konsep kimia dalam kehidupan sehari hari; menerapkan konsep kimia dalam pengelolaan lingkungan termasuk menjelaskan fenomena pemanasan global;menuliskan reaksi kimia dan menerapkan hukum-hukum dasar kimia; memahami struktur atom dan aplikasinya dalam nanoteknologi

6.       TUJUAN PEMBELAJARAN              : TP. 4 Peserta didik mampu Merancangmelaksanakan percobaan ilmiah menggunakan alat-alat laboratorium dan membuat laporan sebagai bagian dari metode ilmiah

4.      4. 1Menjelaskan keselamatan dan keamanan di laboratorium,

4.     4. 2 Memahami prosedur standar tentang keselamatan dan keamanan kimia di laboratorium.

       4. 3  Mengidentifikasi alat-alat laboratorium kimia dan fungsinya

       4. 4 Mengidentifikasi beberapa bahan kimia dan sifatnya (mudah meledak, mudah terbakar, beracun, penyebab iritasi, korosif, dan lain-lain).

7.       MATERI                                                : Keselamatan dan keamanan kerja di laboratorium 

8.       METODE / PROFIL PELAJAR PANCASILA :  diskusi, tanya jawab / Berfikir kritis, mandiri, gotong royong.

9.       STRATEGI                                            : Guru memberikan pertanyaan pemantikGuru memberikan konten ,  Guru memberikan kesempatan pada Siswa untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan sumber belajar dari media yang disajikan dan akan menjawab melalui kegiatan belajar (Profil Pelajar Pancasila = Berfikir Kritis)Siswa berkolaborasi mendiskusikan LKPD yang dibuat di laboratorium sekolah (Profil Pelajar Pancasila = Gotong Royong) ,  ·         Siswa berdiskusi untuk menyimpulkan dan mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal , Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru (Profil Pelajar Pancasila = Berfikir Kritis)

10.   PENGEMBBANGAN MATERI        :



K                                        Keselamatan dan Keamanan Kerja di Laboratorium

 













































Perhatiakan dan simak video berikut ini !!!






LATIHAN SOAL :

Pilihlah jawaban yang benar

1.       Berikut ini adalah contoh zat kimia yang bersifat korosif adalah 

a.  Asam klorida

b.  Uranium

c.  Akuades

d.  Silika

e.  Metanol

2..      Perhatikan gambar dibawah ini !

Kata “toxic” berarti ....

a.  Mudah terbakar

b.  Mudah meledak

c.  Pengoksidasi

d.  Korosif

e.  Beracun

 

3.  Makna simbol keselamatan kerja korosif adalah ….

 

a.  Mudah terbakar

b.  Mudah meledak

c.  Pengoksidasi

d.  Mengikis

e.  Beracun

 

4.    Perhatikan gambar dibawah ini !



Teknik memanaskan bahan menggunakan tabung reaksi dan penjepit adalah 

a.  Tangan memegang penjepit dan ditekan, dipanaskan di atas nyala api

b.  Tangan kiri memegang penjepit dan tangan kanan memegang tabung reaksi

c.  Tangan memegang ujung penjepit, dipanaskan dan tabung sambil digetarkan

d.  Tangan memegang penjepit, tabung dipanaskan langsung pada nyala api

e.  Tangan memegang penjepit, dipanaskan sambil digetarkan dan mulut tabung reaksi ke arah yang aman

 

5.    Sebuah tabung uji panas sebaiknya dibiarkan mendingin sebelum dicuci. Pencelasan terbaik untuk

pernyataan tersebut adalah ….

a.  Lebih mudah untuk membersihkan tabung uji

b.  Supaya uap cairan yang digunakan mengembun atau menghilang

c.  Tabung uji tidak akan tergores oleh sikat

d.  Tabung uji tidak akan retak

e.  Uap tidak akan terbentuk













Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisi-kisi STS Kimia Fase E

Latihan persiapan SAS Kimia Genap

Hukum Dasar Kimia