Materi dan perubahannya
1.
NAMA
GURU : DESI AMALIA, S. Pd
2.
MATA
PELAJARAN : KIMIA
3.
KELAS : X.2 dan X.4
4.
PERTEMUAN : ke 3
5.
CP :
6. TUJUAN PEMBELAJARAN : 10. 2 Menganalisis dan menyajikan jenis-jenis materi dan perubahannya yang ada di kehidupan sehari-hari
7.
MATERI : Materi dan Perubahannya
8.
METODE / PROFIL PELAJAR PANCASILA : diskusi, tanya jawab / Berfikir kritis, mandiri, gotong royong.
9.
STRATEGI : Guru memberikan konten ,
10.
PENGEMBBANGAN
MATERI :
Ruang Lingkup KImia
Pernahkan kalian
menggunakan produk-produk seperti
pada gambar di atas?
Tahukah kamu bahwa produk-produk pada
gambar di atas termasuk contoh produk kimia sehari-sehari.
Banyak orang salah mengerti tentang bahan kimia. Bahan kimia sering diartikan sebagai bahan yang pasti berbahaya.
Padahal, semua bahan/materi di alam tersusun atas unsur- unsur kimia. Dalam benak kalian pasti akan bertanya apakah kimia
itu? Apa yang dipelajarai dalam kimia?
Ilmu Kimia merupakan cabang ilmu pengetahuan yang menjadi dasar banyak ilmu
lainnya. Pada pertemuan kali ini akan dibahas
hakikat ilmu kimia dan karakteristik ilmu kimia
A.
Ilmu Kimia Kimia
(dari bahasa Arab: ك يم ياء ,transliterasi: kimiya = perubahan benda/zat atau bahasa Yunani:
χημεία, transliterasi: khemeia) adalah ilmu yang mempelajari mengenai komposisi,
struktur, dan sifat zat atau materi
skala atom hingga molekul serta perubahan atau transformasi serta interaksi mereka untuk membentuk materi yang
ditemukan sehari-hari. Ilmu kimia merupakan cabang ilmu IPA yang khusus mempelajari struktur, susunan, sifat, dan
perubahan materi, serta energi yang menyertai
perubahan tersebut. Pembahasan tentang struktur materi mencakup struktur
partikel yang menyusun materi
mikroskopis, dan bagaimana partikel-partikel yang sangat kecil tersebut bergabung membentuk materi yang ukuran
yang lebih besar sehingga bisa diamati. Pembahasan susunan materi mencakup
komponen-komponen penyusun materi dan perbandingan jumlah komponen penyusun
materi tersebut Sifat
materi dideskripsikan sebaggai
sifat fisika yang
berhubungan dengan sifat makroskopis dan sifat kimia yang
berhubungan dengan jenis partikel materi.
Perubahan materi dideskripsikan sebagai perubahan fisika dan perubahan kimia
yang fenomenanya bias diamati, tetapi
apa yang terjadi ditingkat partikel materi merupakan kajian mikroskopis. Pembahasan energi yang
menyertai perubahan materi mencakup jenis dan jumlah energi, serta perubahan energi dari bentuk yang satu ke bentuk
yang lain (Depdiknas, 2006). Ilmu kimia menyangkut tiga level yaitu level makroskopis yang menunjukkan fenomena-fenomena kimia yang terjadi
dalam kehidupan sehari-hari yang dapat diindera oleh mata seperti reaksi
oksidasi reduksi pada perkaratan besi. Bagaimana fenomena
ini terjadi akan dijelaskan melalui
level mikroskopis yang mampu
mereprentasikan tentang susunan dan pergerakan partikel zat dalam suatu fenomena yang tidak langsung
teramati oleh siswa, level mikroskopis merupakan fenomena kimia yang nyata menunjukkan tingkat
partikulat sehingga tidak bisa dilihat tetapi bisa digunakan untuk pergerakan elektron, molekul,
partikel dan atom. Level simbolik adalah representasi yang berupa gambar, perhitungan kimia, grafik
dan komputasi. Untuk dapat memahami ilmu kimia
secara konseptual, dibutuhkan kemampuan untuk merepresentasikan dan menterjemahkan masalah dan fenomena kimia tersebut kedalam
bentuk representasi level makroskopis, mikroskopis dan simbolik secara simultan.
Gambar 2.Penggambaran level makroskopis, mikroskopis dan simbolik
CONTOH SOAL :
1. Segala sesuatu yang menempati ruang dan memiliki massa disebut ….
a. materi
b. unsur
c. senyawa
d. campuran
Jawaban : A
Pembahasan
Materi dalam pengertian ilmu kimia merupakan segala sesuatu yang memiliki masa dan memiliki volume, atau dalam kata lain, materi adalah segala sesuatu yang menempati ruang.
2. Berdasarkan susunan kimianya, materi dikelompokkan menjadi tiga berikut ini, kecuali ….
a. unsur
b. senyawa
c. campuran
d. zat
Jawaban : D
Pembahasan
Berdasarkan susunan kimianya materi dikelompokkan menjadi :
unsur
senyawa dan
campuran
Unsur adalah materi atau zat yang tidak dapat dipisah lagi menjadi unsur lain melalui reaksi kimia.
3. Zat tunggal yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat lain dengan reaksi kimia biasa disebut ….
a. senyawa
b. unsur
c. campuran
d. larutan
Jawaban : B
Pembahasan :
Unsur kimia adalah suatu spesies atom yang memiliki jumlah proton yang sama dalam inti atomnya (yaitu, nomor atom, atau Z, yang sama).
4. Zat tunggal yang tersusun dari beberapa unsur dengan perbandingan massa tetap disebut ….
a. unsur
b. senyawa
c. campuran
d. larutan
Jawaban : B
Pembahasan
Senyawa kimia adalah zat kimia murni yang terdiri dari dua atau beberapa unsur yang dapat dipecah-pecah lagi menjadi unsur-unsur pembentuknya dengan reaksi kimia tersebut.
Contohnya : dihidrogen monoksida (air, H2O).
5. Golongkan perubahan berikut sebagai perubahan fisika atau kimia!
(a) Tumbuhan menghasilkan gula (glukosa) dari karbon dioksida dan air(b) Terbentuknya kristal air di daun pada musim dingin
(c) Seorang penempa melelehkan emas dan membentuknya menjadi kawat
(a) Pada proses ini terjadi perubahan kimia karena karbon dioksida dan air diubah menjadi glukosa yang secara kimia berbeda
(b) Kristal air terbentuk dari uap air yang mengalami perubahan fase/wujud, sehingga tergolong perubahan fisika
(c) Emas yang dilelehkan kemudian dibentuk menjadi kawat tidak mengalami perubahan kimia, maka tergolong perubahan fisika.
1. Apakah yang terdapat di dalam gelas? Bagaimana wujud zat yang terdapat di dalam gelas?
2. Berdasarkan jawaban no 1, sebutkan penyusun zat tersebut?
3. Apakah perbedaan antara perubahan kimia dan perubahan fisika ? Berikan contohnya masing- masing ?
4.
Jelaskan perbedaan
antara atom, molekul dan ion ! berikan
contohnya !
5.
Jelaskan perbedaan antara unsur, senyawa dan campuran ?
Komentar
Posting Komentar