Materi dan perubahannya


1.       NAMA GURU                                     :  DESI AMALIA, S. Pd

2.       MATA PELAJARAN                           :  KIMIA

3.       KELAS                                                  :  X.2 dan X.4

4.       PERTEMUAN                                      :  ke 3

5.       CP                                                           Peserta didik mampu mengamati, menyelidiki dan menjelaskan fenomena sesuai kaidah kerja ilmiah dalam menjelaskan konsep kimia dalam kehidupan sehari hari; menerapkan konsep kimia dalam pengelolaan lingkungan termasuk menjelaskan fenomena pemanasan global;menuliskan reaksi kimia dan menerapkan hukum-hukum dasar kimia; memahami struktur atom dan aplikasinya dalam nanoteknologi

6.       TUJUAN PEMBELAJARAN              : 10. 2 Menganalisis dan menyajikan jenis-jenis materi dan perubahannya yang ada di kehidupan sehari-hari

7.       MATERI                                                : Materi dan Perubahannya

8.       METODE / PROFIL PELAJAR PANCASILA :  diskusi, tanya jawab / Berfikir kritis, mandiri, gotong royong.

9.       STRATEGI                                            : Guru memberikan konten ,  masing-masing siswa membuat resume terhadap analisa melalui media belajar yang diberikan dan mendiskusikannya di kelompoknya masing-masing lalu mengerjakan LKPD, Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan sumber belajar dari media yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar , Siswa berkolaborasi mendiskusikan LKPD yang dibuat Siswa berdiskusi untuk menyimpulkan dan mempresentasikan hasil diskusi  kelompok secara klasikal, Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru

10.   PENGEMBBANGAN MATERI        :

Ruang Lingkup KImia 




Pernahkan kalian menggunakan produk-produk seperti pada gambar di atas?


Tahukah kamu bahwa produk-produk pada gambar di atas termasuk contoh produk kimia sehari-sehari. Banyak orang salah mengerti tentang bahan kimia. Bahan kimia sering diartikan sebagai bahan yang pasti berbahaya. Padahal, semua bahan/materi di alam tersusun atas unsur- unsur kimia. Dalam benak kalian pasti akan bertanya apakah kimia itu? Apa yang dipelajarai dalam kimia? Ilmu Kimia merupakan cabang ilmu pengetahuan yang menjadi dasar banyak ilmu lainnya. Pada pertemuan kali ini akan dibahas hakikat ilmu kimia dan karakteristik ilmu kimia

 

A.      Ilmu Kimia Kimia

(dari bahasa Arab: ك يم ياء ,transliterasi: kimiya = perubahan benda/zat atau bahasa Yunani: χημεία, transliterasi: khemeia) adalah ilmu yang mempelajari mengenai komposisi, struktur, dan sifat zat atau materi skala atom hingga molekul serta perubahan atau transformasi serta interaksi mereka untuk membentuk materi yang ditemukan sehari-hari. Ilmu kimia merupakan cabang ilmu IPA yang khusus mempelajari struktur, susunan, sifat, dan perubahan materi, serta energi yang menyertai perubahan tersebut. Pembahasan tentang struktur materi mencakup struktur partikel yang menyusun materi mikroskopis, dan bagaimana partikel-partikel yang sangat kecil tersebut bergabung membentuk materi yang ukuran yang lebih besar sehingga bisa diamati. Pembahasan susunan materi mencakup komponen-komponen penyusun materi dan perbandingan jumlah komponen penyusun materi tersebut Sifat materi dideskripsikan sebaggai sifat fisika yang


berhubungan dengan sifat makroskopis dan sifat kimia yang berhubungan dengan jenis partikel materi. Perubahan materi dideskripsikan sebagai perubahan fisika dan perubahan kimia yang fenomenanya bias diamati, tetapi apa yang terjadi ditingkat partikel materi merupakan kajian mikroskopis. Pembahasan energi yang menyertai perubahan materi mencakup jenis dan jumlah energi, serta perubahan energi dari bentuk yang satu ke bentuk yang lain (Depdiknas, 2006). Ilmu kimia menyangkut tiga level yaitu level makroskopis yang menunjukkan fenomena-fenomena kimia yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari yang dapat diindera oleh mata seperti reaksi oksidasi reduksi pada perkaratan besi. Bagaimana fenomena ini terjadi akan dijelaskan melalui level mikroskopis yang mampu mereprentasikan tentang susunan dan pergerakan partikel zat dalam suatu fenomena yang tidak langsung teramati oleh siswa, level mikroskopis merupakan fenomena kimia yang nyata menunjukkan tingkat partikulat sehingga tidak bisa dilihat tetapi bisa digunakan untuk pergerakan elektron, molekul, partikel dan atom. Level simbolik adalah representasi yang berupa gambar, perhitungan kimia, grafik dan komputasi. Untuk dapat memahami ilmu kimia secara konseptual, dibutuhkan kemampuan untuk merepresentasikan dan menterjemahkan masalah dan fenomena kimia tersebut kedalam bentuk representasi level makroskopis, mikroskopis dan simbolik secara simultan.



 

Gambar 2.Penggambaran level makroskopis, mikroskopis dan simbolik

Agar lebih jelas, pahamilah video berikut ini : 


CONTOH SOAL :

1. Segala sesuatu yang menempati ruang dan memiliki massa disebut ….

a. materi

b. unsur

c. senyawa

d. campuran

Jawaban : A

Pembahasan

Materi dalam pengertian ilmu kimia merupakan segala sesuatu yang memiliki masa dan memiliki volume, atau dalam kata lain, materi adalah segala sesuatu yang menempati ruang.

2. Berdasarkan susunan kimianya, materi dikelompokkan menjadi tiga berikut ini, kecuali ….

a. unsur

b. senyawa

c. campuran

d. zat

Jawaban : D

Pembahasan 

Berdasarkan susunan kimianya materi dikelompokkan menjadi :

unsur

senyawa dan

campuran

Unsur adalah materi atau zat yang tidak dapat dipisah lagi menjadi unsur lain melalui reaksi kimia.

3. Zat tunggal yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat lain dengan reaksi kimia biasa disebut ….

a. senyawa

b. unsur

c. campuran

d. larutan

Jawaban : B

Pembahasan :

Unsur kimia adalah suatu spesies atom yang memiliki jumlah proton yang sama dalam inti atomnya (yaitu, nomor atom, atau Z, yang sama).

4. Zat tunggal yang tersusun dari beberapa unsur dengan perbandingan massa tetap disebut ….

a. unsur

b. senyawa

c. campuran

d. larutan

Jawaban : B

Pembahasan

Senyawa kimia adalah zat kimia murni yang terdiri dari dua atau beberapa unsur yang dapat dipecah-pecah lagi menjadi unsur-unsur pembentuknya dengan reaksi kimia tersebut.

Contohnya : dihidrogen monoksida (air, H2O). 


5.  Golongkan perubahan berikut sebagai perubahan fisika atau kimia!

(a) Tumbuhan menghasilkan gula (glukosa) dari karbon dioksida dan air
(b) Terbentuknya kristal air di daun pada musim dingin
(c) Seorang penempa melelehkan emas dan membentuknya menjadi kawat

Jawaban
(a) Pada proses ini terjadi perubahan kimia karena karbon dioksida dan air diubah menjadi glukosa yang secara kimia berbeda
(b) Kristal air terbentuk dari uap air yang mengalami perubahan fase/wujud, sehingga tergolong perubahan fisika
(c) Emas yang dilelehkan kemudian dibentuk menjadi kawat tidak mengalami perubahan kimia, maka tergolong perubahan fisika.


LATIHAN SOAL : 

JAWABLAH PERTANYAAN BERIKUT PADA LKPD YANG DIKERJAKAN : 

Perhatikan gambar dibawah ini : 



1.      Apakah yang terdapat di dalam gelas? Bagaimana wujud zat yang terdapat di dalam gelas?

2.      Berdasarkan jawaban no 1, sebutkan penyusun zat tersebut?

3.  Apakah perbedaan antara perubahan kimia dan perubahan fisika ? Berikan contohnya masing- masing ?

4.       Jelaskan perbedaan antara atom, molekul dan ion ! berikan contohnya !

5.       Jelaskan perbedaan antara unsur, senyawa dan campuran ?


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisi-kisi STS Kimia Fase E

Latihan persiapan SAS Kimia Genap

Hukum Dasar Kimia