Latihan Larutan Penyangga

 Nama : Desi Amalia, S.Pd

Mata Pelajaran : Kimia

Kelas : XI IPA 3

Kode KD : 3.12 Menjelaskan prinsip kerja, perhitungan pH, peran larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup.

Materi :Larutan Penyangga

Tujuan Pembelajaran : Melalui model pembelajaran Guided Discovery Learning dengan menggali informasi dari berbagai sumber belajar, penyelidikan sederhana dan mengolah informasi, diharapkan peserta didik terlibat aktif selama proses belajar mengajar berlangsung, memiliki sikap ingin tahu, teliti dalam melakukan pengamatan dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik serta dapat menghitung pH larutan penyanggad engan mengembangkan nilai karakter berpikir kritis , kreatif (kemandirian), kerjasama (gotongroyong) dan kejujuran (integritas)


Assalamualaikum Wr WB..


Halo semuanya anak-anak soleh solehah kelas XI IPA 3.Bagaimana kbrnya hari ini? Semoga sehat selalu untuk kita semua ya... Pesan ibu, tetap menjaga prokes nya dimana pun berada,, apalagi akhir-akhir ini sedang viral namanya virus covid terbaru yaitu, jenis omicron. Jadi pesan ibu kita semua harus tetap waspada.. jangan lupa jaga kebersihan..lindungi diri kalian , dan orang² disekitar kalian..

Bagaimana dengan puasa nya hari ini nak? Semoga berjalan dengan lancar sampai akhir Ramadhan nanti ya ,, perbanyak ibadah nya dirumah nak..sholat wajib dan Sunnah nya di kerjakan,, perbanyak baca Alquran dan bersedekah di bulan Ramadhan, agar kita. Semua mendapat Rahmat yang berlimpah dari Allah SWT.. aamiin..

Minggu kemarin kita telah membahas tentang pengertian larutan penyangga, komponen penyangga, dan telah mempelajari cara meghitung pH larutan penyangga.  Jadi untuk hari ini kita belajar latihan2 soal untuk menghitung pH larutan penyangga ya..

baiklah Adapun langkah pembelajaran kita hari ini :


A. absensi di dalam kelas.

B.Buka blogger ibu, dan Silahkan pahami kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran pada materi hari ini

C. didalam kelas kita bersama-sama mengerjakan soal dibawah ini..

1. Ke dalam larutan basa lemah LOH ditambahkan padatan garam L2SO4 sehingga konsentrasi larutan LOH menjadi 0,1 M dan konsentrasi L2SO4 0,05 M. Bila Kb basa LOH = 10-5 maka pH campuran adalah…

a.11

B. 9 + log 2

c. 9

d. 5

E.  5 – log 2

2. Sebanyak 50 mL larutan CH3COOH 0,2 M dicampurkan dengan 50 mL larutan CH3COONa sehingga diperoleh larutan buffer dengan pH = 4. Untuk membuat larutan buffer tersebut diperlukan konsentrasi CH3COONa sebesar…(Ka CH3COOH = 1 x 10-5)

a. 0,01 M

b. 0,02 M

c. 0,2 M

d. 2 M

e. 0,1 M

3. Suatu campuran buffer terdiri dari y gram HCOONa (Mr = 68) dan 100 mL larutan HCOOH 0,1 M sehingga diperoleh larutan dengan pH = 4. Nilai y adalah…

(Ka HCOOH = 1 x 10-5)

a. 3,4

b. 0,068

c. 0,34

d. 6,8

e. 0,68

Demikian lah kegiatan pembelajaran kita hari ini,, selalu jaga kesehatan nya ya nak...


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penurunan Titik beku Larutan dan Faktor-Faktor yang mempengaruhi nya

Keselamatan dan keamanan kerja di laboratorium

KISI-KISI PTS KIMIA GANJIL KELAS X