kisi-kisi soal LUS KIMIA TP 2021/2022

 Hari/ Tanggal                   : Rabu / 16 Februari 2022

nama Guru                         : Desi Amalia, S. Pd

Kelas                               : XII IPA 3

Pelajaran                         : Kimia

Materi                              : Kisi - Kisi soal LUS

KD :                                 kilas balik Materi kimia kelas X, XI dan XII    

Tujuan Pembelajaran : diharapkan dengan adanya kisi-kisi penyusunan soal ini dalam menghadapi LUS  TP 2021/2022, siswa siswi dapat memperoleh hasil yang baik.

Assalamualaikum Wr WB..

Halo semuanya anak-anak soleh solehah kelas X IPA 2

Bagaimana kabar nya hari ini nak? Semoga dalam keadaan sehat selalu ya..

Pesan ibu, tetap menjaga prokes nya dimana pun berada,, apalagi akhir-akhir ini sedang viral namanya virus covid terbaru yaitu, jenis omicron. Jadi pesan ibu kita semua harus tetap waspada.. jangan lupa jaga kebersihan..lindungi diri kalian , dan orang² disekitar kalian..

Mohon maaf sebelumnya nak, jika selama 2 Minggu ini kita melaksanakan kembali daring, dikarenakan kebijakan dari pemerintah yang melihat adanya kasus covid versi terbaru sudah memasuki ke wilayah bandar Lampung, dan yang terpapar juga beberapa siswa siswi dan guru di bandar Lampung, sehingga untuk 2 Minggu kita tatap muka secara full online dulu yaa nak..pesan ibu, tetap semangat, sabar, selalu jaga kesehatan yaa, agar kita semua terhindar dari segala penyakit yang berbahaya.

Pada pertemuan hari ini kita akan membahas tentang kisi-kisi soal LUS TP 2021/2022..tetapi sebelum nya, silahkan simak langkah pembelajaran berikut ini :

  • Isi presensi kehadiran terlebih dahulu di grup pjj WA..
  • Buka blogger ibu, dan Silahkan pahami kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran pada materi hari ini dan simak kisi-kisi nya.
  • KISI-KISI SOAL KIMIA

  • LATIHAN UJIAN SEKOLAH

     TAHUN PELJARAN  2021/2022

     

    No.

    Kompetensi yang diuji

    Lingkup Materi

    Materi

    Indikator Soal

    Bentuk Soal

    No. Soal

    Level Kognetif

    Tingkat Kesulitan

    1

    Peserta didik mampu memahami Metode ilmiah, hakikat dan peran ilmu kimia, keselamatan dan keamanan di laboratorium (pengenalan dan penggunaanalat-alatlaboratorium).

    Kimia Dasar

    Pengenalan ilmu kimia

    Diberikan beberapa gejala reaksi kimia, peserta didik dapat memasangakan  Gejala  yang  menunjukkan ciri suatu reaksi kimia berlangsung

    PG

    1

    Pengetahuan – pemahaman

    L1/C1

    Mudah

    2

    Peserta didik mampu memahami

    Metode ilmiah, hakikat dan peran ilmu kimia, keselamatan dan keamanan di laboratorium (pengenalan dan penggunaan alat-alat laboratorium).

    Kimia Dasar

    Pengenalan ilmu kimia

    Diberikan gambar alat di laboratorium peserta didik dapat memilih  nama alat tersebut

    PG

    2

    Pengetahuan – pemahaman

    L1/C1

    Mudah

    3

    Peserta didik mampu memahami Pengetahuan model dan struktur atom (Dalton, Thompson, Bohr, dan mekanika gelombang

    Kimia Dasar

    Model atom

    Disajikan gambar beberapa model atom dan salah satu teori atom, Peserta didik diminta untuk menunjukkan  model atom yang sesuai dengan teori tersebut

    PG

    3

    Pengetahuan – pemahaman

    L1/C1

    Mudah

    4

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan model dan struktur atom (Dalton, Thompson, Bohr, dan mekanika gelombang

    Kimia Dasar

    Model atom

    Peserta didik dapat menentukan Harga keempat bilangan kuantum

    PG

    4

    Pengetahuan – pemahaman

    L1/C2

    Sedang

    5

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan konfigurasi elektron (Bohr dan mekanika gelombang).

    Kimia Dasar

    Konfigurasi elektron

    Diberikan gambar sistem periodik, peserta didik menggambarkan  konfigurasi elektron atom Bohr yang tepat

    PG

    5

    Pengetahuan – pemahaman

    L1/C1

    Mudah

    6

    Peserta didik mampu memahami konfigurasi elektron (Bohr dan mekanika gelombang).

    Kimia Dasar

    Konfigurasi elektron

    Diberikan gambar system periodic unsur, peserta didik, memilih  konfigurasi electron dari salah satu Unsur

    PG

    6

    Pengetahuan – pemahaman

    L1/C1

    Mudah

    7

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan letak unsur (golongan dan periode) dalam SPU

    Kimia Dasar

    Sistem Periodik

    Diberikan Diagram Orbital unsur ,  peserta didik dapat memperkirakan  golongan dan periode unsur tersebut

    PG

    7

    Pengetahuan – pemahaman

    L1/C2

    Sedang

    8

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan letak unsur (golongan dan periode) dalam SPU

    Kimia Dasar

    Sistem Periodik

    Diberikan 3 notasi unsure, peserta didik memperkirakan golongan unsure tersebut

    PG

    8

    Pengetahuan – pemahaman

    L1/C2

    Sedang

    9

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan tata nama senyawa organik dan anorganik

    Kimia Dasar

    Tata nama senyawa

    Diberikan table dan rumus nama senyawa peserta didik,memasangkan data yang  benar antara rumus senyawa dan nama senyawa

    PG

    9

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C1

    Mudah

    10

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan tata nama senyawa organik dan anorganik

    Kimia Dasar

    Tata nama senyawa

    Diberikan data kation, anion dan rumus molekul, peserta didik memapasangkan  data yang berhubungan secara tepat

    PG

    10

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C1

    Mudah

    11

    Peserta didik mampu memahami. persamaan

    dan penyetaraan reaksi kimia

    Kimia Dasar

    Persamaan Reaksi

    Diberikan wacana kejadian dalam kehidupan sehari hari, peserta didik dapat menuliskan persamaan reaksi kejadian tersebut

    PG

    11

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C1

    Mudah

    12

    Peserta didik mampu memahami.. hukum-

    hukum dasar kimia (termasuk hukum gas ideal dan non ideal / RTP),

    Kimia Dasar

    Hukum Dasar Kimia

    Diberikan Persamaan reaksi yang belum setara, peserta didik menghitung perbandingan volume gas pereaksi dan hasil reaksi yang stoikiometris sesuai hukum Gay Lussac

    PG

    12

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C2

    Sedang

    13

    Peserta didik mampu memahami.. hukum-hukum dasar kimia (termasuk hukum gas ideal dan non ideal / RTP),

    Kimia Dasar

    Hukum Dasar Kimia

    Diberikan data masa zat peserta didik membandingkan  massa Berdasarkan data tersebut

    PG

    13

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C2

    Sedang

    14

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai konsep mol  dan perhitungan kimia. konversi satuan zat (molaritas, molalitas, fraksi mol, % massa atau volume, bpj).

    Kimia Dasar

    Konsep Mol

    Diberikan persamaan reaksi (belum setara), massa zat , Ar, peserta didik dapat menghitung volume gas yang dihasilkan (STP)

    PG

    14

    Apliasi

    L2/C3

    Sukar

    15

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai konsep mol  dan perhitungan kimia. konversi satuan zat (molaritas, molalitas, fraksi mol, % massa atau volume, bpj).

    Kimia Dasar

    Konsep Mol

    Diberikan massa zat sampel dan massa zat yang terkandung di sampel, Peserta didik menghitung ppm zat dalam sampel

    PG

    15

    Apliasi

    L2/C3

    sukar

    16

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai konsep mol  dan perhitungan kimia. konversi satuan zat (molaritas, molalitas, fraksi mol, % massa atau volume, bpj).

    Kimia Dasar

    Konsep Mol

    Diberikan persamaan reaksi (sudah setara), volume gas reaktan  peserta didik dapat , menghitung jumlah partikel zat yang terbentuk

    PG

    16

    Apliasi

    L2/C3

    Sukar

    17

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai konsep mol  dan perhitungan kimia. konversi satuan zat (molaritas, molalitas, fraksi mol, % massa atau volume, bpj).

    Kimia Dasar

    Konsep Mol

    Diberikan massa air kristal dan massa krista,l peserta didik menentukan rumus senyawa kristal

    PG

    17

    Apliasi

    L2/C3

    Sukar

    18

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai: pengenalan teknik pemisahan atau pemurnian di laboratorium (destilasi, kristalisasi, sublimasi, kromatografi, dekantasi, magnetisasi, dan lain- lain).

    Kimia Analisis

     

    Teknik Pemisahan

     

    Diberikan peristiwa dikehidupan sehari – hari ,peserta didik dapat memilih proses pemisahan 2 zat 

     

    PG

    18

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C1

    Mudah

    19

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai larutan (non)-elektrolit dan daya hantar listrik

    Kimia Analisis

     

    Elektrolit – Non Elektrolit

     

    Diberikan gambar pengujian daya hantar listrik, peserta didik dapat memilih larutan yang bersifat  non elektrolit dan elektrolit lemah

    PG

    19

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C1

    Mudah

    20

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai larutan (non)-elektrolit dan daya hantar listrik

    Kimia Analisis

     

    Elektrolit – Non Elektrolit

     

    Diberikan data percobaan sampel air, hasil pengamatan dan derajat ionisasi ,peserta didik dapat memilih limbah yang bersifat elektrolit kuat dan non elektrolit

    PG

    20

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C1

    Mudah

    21

     Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai sifat larutan asam-basa (kuat dan lemah) meliputi konsep kesetimbangan pengionannya dalam larutan

    Kimia Analisis

     

    Asam - Basa

     

    Diberikan gambar larutan asam/basa lemah dan asam/basa kuat dan pernyataan terkait keduanya peserta didik menjelasan pernyataan yang tepat mengenai kedua larutan

     

    PG

    21

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C2

    Sedang

    22

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai sifat larutan asam-basa (kuat dan lemah) meliputi konsep kesetimbangan pengionannya dalam larutan

    Kimia Analisis

     

    Asam - Basa

     

    Diberikan beberapa larutan dengn konsentrasi yang sama peserta didik dapat memilih  larutan yang paling kuat  asam/basa

    PG

    22

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C1

    Mudah

    23

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai titrasi asam-basa dan kurva titrasinya (termasuk indikator dan perubahan warnanya)

    Kimia Analisis

     

    Titrasi

     

    Diberikan gambar grafik titrasi dan data percoban siswa pserta didik dapat menggambarkan grafik yg dibuat oleh siswa

     

    PG

    23

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C1

    Mudah

    24

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai titrasi asam-basa dan kurva titrasinya (termasuk indikator dan perubahan warnanya)

    Kimia Analisis

     

    Titrasi

     

    Diberikan data percobaan Titrasi peserta didik dapat menghitung  konsentrasi dari asam /basa 

    PG

    24

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C2

    Sedang

    25

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai pH

     

    Kimia Analisis

     

    pH asam -Basa

     

    Diberikan volume air, massa zat peserta didik dapat menghitung pH larutan asam/basa

     

    PG

    25

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C2

    Sedang

    26

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai pH

     

    Kimia Analisis

     

    pH asam -Basa

     

    Diberikan molaritas dan konsentrasi asam/basa peserta didik dapat menghitung pH larutan asam/basa

     

    PG

    26

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C2

    sedang

    27

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai pH

     

    Kimia Analisis

     

    pH asam -Basa

     

    Diberikan tabel harga ka/kb peserta didik dapat mengambil kesimpulan kekuatan asam/basa

    PG

    27

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C2

    Mudah

    28

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai komponen dan sifat larutan penyangga. hidrolisis  garam (pH, reaksi kesetimbangan hidrolisis)

    Kimia Analisis

     

    Hidrolisis

     

    Diberikan tabel persamaan reaksi, perkiraan pH dan sifat garam peserta didik dapat memasangkan data garam terhidrolisis yang tepat

    PG

    28

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C1

    Mudah

    29

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai komponen dan sifat larutan penyangga. hidrolisis  garam (pH, reaksi kesetimbangan hidrolisis)

    Kimia Analisis

     

    Penyangga

     

    Diberikan data perubahan pH beberapa larutan, peserta didik dapat memasangkan  larutan buffer/penyangga

    PG

    29

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C1

    Mudah

    30

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai: termokimia (pengertian perubahan entalpi  reaksi pada tekanan tetap; reaks ieksotermik dan endotermik

     

    Kimia Fisik

    Reaksi Eksoterm/Endoterm

    Diberikan gambar percobaan, peserta didik menunjukkan terjadinya proses eksoterm pada gambar

     

    PG

    30

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C1

    Mudah

    31

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai: termokimia (pengertian perubahan entalpi  reaksi pada tekanan tetap; reaks ieksotermik dan endotermik

     

    Kimia Fisik

    Persmaan Thermokimia

    Diberikan volume dan konsetrasi asam dan basa , suhu dan kalor jenis, Peserta didik dapat menyimpulkan  persamaan thermokimia yang paling tepat

    PG

    31

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C2

    Sedang

    32

    MenghitungH melalui: kalorimeter, tabel, hukum Hess, data energy Ikatan rata-rata;

    Kimia Fisik

    Entalpi

    Diberikan gambar diagram penguapan air peserta didik menentukan  ∆H

     

    PG

    32

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C2

    Sedang

    33

     MenghitungH melalui: kalorimeter, tabel, hukum Hess, data energy Ikatan rata-rata;

    Kimia Fisik

    Energi

    Diberikan persamaan thermokimia, peserta didik menunjukkan  pernyataan yang tepat untuk reaksi tersebut

     

    PG

    33

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C1

    Mudah

    34

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai laju reaksi (pengertian laju reaksi; faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi menggunakan pendekatan teori tumbukkan; kurva tingkat energi(?H) dengan dan tanpa katalis; menentukan orde dan persamaan hokum laju reaksi melalui percobaan

    Kimia Fisik

    Laju reaksi

    Diberikan persamaan setara logam dan asam serta data pengukuran gas tiap waktu, Peserta didik menentukan laju reaksi pembentukan gas setelah beberapa detik

    PG

    34

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C2

    Sedang

    35

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai laju reaksi (pengertian laju reaksi; faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi menggunakan pendekatan teori tumbukkan; kurva tingkat energi(?H) dengan dan tanpa katalis; menentukan orde dan persamaan hokum laju reaksi melalui percobaan

    Kimia Fisik

    Laju Reaksi

    Diberikan gambar reaksi batuan dengan asam  dalam berbagai kondisi, Peserta didik dapat menunjukkan laju reaksi yang hanya dipengaruhi oleh suhu

    PG

    35

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C1

    Mudah

    36

     Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai kesetimbangan Kimia: pengertian kesetimbangan dan hubungan kuantitatif pereaksi dan hasil reaksi; faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan (prinsip Le Chatelier) dan penerapan nya dalam industri.

    Kimia Fisik

    Kesetimbangan kimia

    Diberikan persamaan reaksi kesetimbangan dan pernyataan terkait reaksi diatas, peserta didik dapat memasangkan penjelasan yang tepat mengenai reaksi diatas

     

    PG

    36

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C1

    Mudah

    37

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai kesetimbangan Kimia: pengertian kesetimbangan dan hubungan kuantitatif pereaksi dan hasil reaksi; faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan (prinsip Le Chatelier) dan penerapan nya dalam industri..

    Kimia Fisik

    Kesetimbangan kimia

    Diberikan data zat mula-mula,reaksi dan tersisa serta volume sistem, peserta didik menentukan harga Kc dari data tersebut

    PG

    37

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C2

    Sedang

    38

     Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai pengelompokkan berbagai tipe system koloid, kegunaan koloid berdasarkan sifat-sifatnya dalam kehidupan sehari-hari.

    Kimia Fisik

    Koloid

    Diberikan beberapa contoh penerapan sifat kolid dalam kehidupan sehari –hari, peserta didik dapat memilih Penerapan koloid yang memanfaat kan sifat koloid tertentu  

    PG

    38

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C1

    Mudah

    39

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai pengelompokkan berbagai tipe system koloid, kegunaan koloid berdasarkan sifat-sifatnya dalam kehidupan sehari-hari.

    Kimia Fisik

    Koloid

    Diberikan data jenis koloid, fase terdispersi dan medium pendispersi, peserta didik memasangkan pengelompokkan sistem koloid yang tepat

    PG

    39

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C1

    Mudah

    40

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai Mengidentifikasi fenomena sifat

    Koligatif larutan dalam kehidupan sehari-hari

     

    Kimia Fisik

    Aplikasi sifat Koligatif

    Diberikan wacana tentang fenomena alam, peserta didik dapat memilih sifat koligatif yang terdapat dalam fenomena tersebut

    PG

    40

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C1

    Mudah

    41

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai Mengidentifikasi fenomena sifat

    Koligatif larutan dalam kehidupan sehari-hari

     

    Kimia Fisik

    Aplikasi sifat Koligatif

    Diberikan wacana tentang fenomena alam, peserta didik dapat memilih  sifat koligatif yang terdapat dalam fenomena tersebut

    PG

    41

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C1

    Mudah

    42

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai membedakan sifat koligati flarutan elektrolit dan non elektrolit.

    Kimia Fisik

    Sifat Koligatif

    Peserta didik mentukan tekanan osmotik dari larutan elektrolit kuat/lemah/non elektrolit

    PG

    42

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C2

    Sedang

    43

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai membedakan sifat koligati flarutan elektrolit dan non elektrolit.

    Kimia Fisik

    Sifat Koligatif larutan

    Diberikan 5 macam larutan dengn konsentrasi yang sama, peserta didik memilih  larutan yang memiliki titik didih terbesar

    PG

    43

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C1

    Mudah

    44

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai reaksi reduksi dan oksidasi kehidupan sehari-har iserta penyetaraannya.

    Kimia Fisik

    Reaksi Redoks

     

    Diberikan persamaan reaksi redoks , peserta didik menentukan oksiator/reduktor

    PG

    44

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C2

    Sedang

    45

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai reaksi reduksi dan oksidasi kehidupan sehari-har iserta penyetaraannya

    Kimia Fisik

    Reaksi Redoks

    Diberikan persamaan reaksi redoks, peserta didik menentukan harga koefisien reaksi

    PG

    45

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C2

    Sedang

    46

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai prinsip kerja sel volta dan kegunaannya

    Kimia Fisik

    Sel Volta

    diberikan 2 persamaan reaksi dan harga E° Sel, Peserta diik dapat menentukan harga potensil sel

    PG

    46

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C2

    Sedang

    47

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai: faktor-faktorpenyebabkorosi dan pencegahannya

    Kimia Fisik

    Sel Volta

    Diberikan gambar disgram sel volta, peserta didik membuat diagram sel yg tepat untuk gambar tersebut

    PG

    47

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C1

    Mudah

    48

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai: faktor-fakto rpenyebab korosi dan pencegahannya

    Kimia Fisik

    Korosi

    Diberikan gambar bagan percobaan , peserta didik menunjukkan tabung yang paling cepat mengalami proses korosi

    PG

    48

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C1

    mudah

    49

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai: faktor-faktorpenyebabkorosi dan pencegahannya

    Kimia Fisik

    Korosi

    Diberikan beberapa cara pencegahan korosi, peserta didik dapat memilih n cara yang paling tepat untuk melindungi suatu peristiwa

    PG

    49

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C1

    Mudah

    50

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai: prinsip kerja Sel elektrolisis dan penerapannya dalam  industri

    Kimia Fisik

    Sel elektrolisis

    Diberikan gambar sel ekektolisis, peserta didik meramalkan  reaksi yang terjadi di katode

    PG

    50

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C2

    Sedang

    51

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai: prinsip kerja Sel elektrolisis dan penerapannya dalam  industri

    Kimia Fisik

    Sel elektrolisis

    Diberikan beberapa larutan, peserta didik dapat meramalkan pasangan reaksi di anode yang menghasilkan gas oksigen

     

    PG

    51

    Apliasi

    L2/C3

    Sukar

    52

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai penerapan stoikiometri reaksi redoks

    dan hukum Faraday dalam industri

    Kimia Fisik

    Hukum Faraday

    Diberikan kuat arus, waktu dan ar unsur, Peserta didik dapat menentukan massa yang terentuk

    PG

    52

    Apliasi

    L2/C3

    Sukar

    53

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai penerapan stoikiometri reaksi redoks

    dan hukum Faraday dalam industri

    Kimia Fisik

    Hukum Faraday

    Diberikan 2 larutan yang dielektolisis dengan kuat arus yang sama  dan  massa zat yang mengendap ( dari larutan 1), Peserta didik dapat menghitung massa zat dari larutan 2 yang mengendap 

    PG

    53

    Apliasi

    L2/C3

    Sukar

    54

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai: sifat periodisitas (jari-jari, energi ionisasi, keelektronegatifan, afinitas elektron, sifat asam-basa  dan logam-non logam).

    Kimia An organik

    Kimia Unsur

    Diberikan 5 asam halida, peserta didik dapat mengurutkan kekuatan asam dari tinngi ke rendah / rendah ke tinggi

    PG

    54

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C1

    mudah

    55

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai: sifat periodisitas (jari-jari, energi ionisasi, keelektronegatifan, afinitas elektron, sifat asam-basa dan logam-non logam).

    Kimia An organik

    Kimia Unsur

    Diberikan gambar sistem periodik, peserta didik dapat memilih  unsur yang memiliki jari –jari atom terbesar

    PG

    55

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C1

    Mudah

    56

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai:jenis-jenis ikatan kimia serta sifat fisika yang menyertainya (titikleleh, titikdidih, daya hantar padatan, lelehan dan larutan)

    Kimia An organik

    Ikatan Kimia

    Diberikan gambar struktur lewis peserta didik dapat menunjukkn ikatan kovalen koordinasi

    PG

    56

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C1

    Mudah

    57

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai:jenis-jenis ikatan kimia serta sifat fisika yang menyertainya (titikleleh, titikdidih, daya hantar padatan, lelehan dan larutan)

    Kimia An organik

    Ikatan Kimia

    Diberikan 2 notasi unsur , peserta didik dapat mentukan rumus kimia dan jenis ikatan pada senyawa yang terbentuk

    PG

    57

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C2

    Sedang

    58

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai:geometrimolekul (melaluiteori VSEPR ataustrukturikatan Lewis, dan domain elektron)

    Kimia An organik

    Bentuk Molekul

    Diberikan 2 konfigurasi elektron, peserta didik dapat menentukan bentuk molekul sesuai aturan oktet dan sifat kepolarannya

    PG

    58

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C2

    Sedang

    59

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai:hubungan interaksi antar molekul (dipol, london, dan ikatan hidrogen) dengan titik didihnya.

    Kimia An organik

    Bentuk Molekul

    Diberikan gambar ikatan senyawa , peserta didik dapat menunjukkan ikatan hidrogen

    PG

    59

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C1

    Mudah

    60

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai teori asam-basa (Arthenius, Bronsted- Lowry  atau teori asam basakonjugasi dan Lewis)

    Kimia An organik

    Teori Asam Basa

    Diberikan Gambar asam – basa Lewis dan pernyataan terkait gambar peserta didik dapat memasangkan penjelasan yang paling tepat mengenai gambar tersebut

    PG

    60

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C1

    Mudah

    61

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai teoriasam-basa (Arthenius, Bronsted- Lowry atauteoriasambasakonjugasi dan Lewis)

    Kimia An organik

    Teori Asam Basa

    Diberikan 2 persamaan reaksi, peserta didik dapat memasangkan pasangan asam-basa Bronsted-Lowry

    PG

    61

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C1

    Mudah

    62

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai:unsur-unsur golongan utama (gas mulia, halogen, alkali, alkali tanah), periode –3, dan transisi periode – 4 (sifat fisika, kimia atau reaktivitas, manfaatnya, dan prinsip pembuatannya). manfaat dan pembuatan

    Kimia An organik

    Kimia Unsur

    Diberikan data suatu unsur, peserta didik dapat memilih  unsur yang memiliki sifat tersebut 

    PG

    62

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C1

    Mudah

    63

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai:unsur-unsur golongan utama (gas mulia, halogen, alkali, alkali tanah), periode –3, dan transisi periode – 4 (sifat fisika, kimia atau reaktivitas, manfaatnya, dan prinsip pembuatannya). manfaat dan pembuatan

    Kimia An organik

    Kimia Unsur

    Diberikan data sifat  tiga buah unsur periode 3, peserta didik dapat mengurutkan ketiga unsur berdasarkan kenaikan/penurunan nomor atom

    PG

    63

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C1

    Mudah

    64

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai:senyawa-senyawa anorganik penting dalam kehidupan sehari-hari (soda api, soda kue, soda abu, asam sulfat, amonia, NaClO, dan lain-lain) dengan cara laboratorium atau industri.

    Kimia An organik

    Kimia Unsur

    Ddiberikan informasi tentang proses pembuatan unsur, peserta didik dapat memilih  nama proses pembuatan unsur tersebut

    PG

    64

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C1

    Mudah

    65

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai:senyawa-senyawa anorganik penting dalam kehidupan sehari-hari (soda api, soda kue, soda abu, asam sulfat, amonia, NaClO, dan lain-lain) dengan cara laboratorium atau industri.

    Kimia An organik

    Kimia Unsur

    Diberikan beberapa bahan kimia yang digunakan dalam kehidupan sehari –hari, peserta didik dapat memilih pasangan bahan kimia sebagai obat – obattan dan pengawet

    PG

    65

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C1

    Mudah

    66

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai:senyawa-senyawa anorganik penting dalam kehidupan sehari-hari (soda api, soda kue, soda abu, asam sulfat, amonia, NaClO, dan lain-lain) dengan cara laboratorium atau industri.

    Kimia An organik

    Kimia Unsur

    Diberikan tabel Senyawa, rumus kimia dan manfaat nya, Peserta didik dapat memilih pasangan yang tepat

    PG

    66

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C1

    Mudah

    67

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai: proses pembentukan, pemisahan fraksi minyak bumi dan dampak pembakaran hidrokarbon.

    Kimia  Organik

    Minyak bumi dan dampak pembakaran

    Diberikan tabel jenis bahan bakar dan volume CO, pserta didik dapat memilih  bahan bakar yang memiliki bilangan oktan tertinggi/terendah

    PG

    67

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C1

    Mudah

    68

     Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai pengenalan struktur- tata nama senyawa karbon (alkana; alkena; alkuna; alkilhalida; alkohol; eter; aldehid; keton; asam karboksilat dan turunannya; amina; benzena dan turunannya) dan kegunaannya.

    Kimia  Organik

    Minyak bumi dan dampak pembakaran

    Diberikan struktur benzena, peserta didik dapat memberi nama yang tepat

    PG

    68

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C1

    Mudah

    69

     Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai pengenalan struktur- tata nama senyawa karbon (alkana; alkena; alkuna; alkilhalida; alkohol; eter; aldehid; keton; asam karboksilat dan turunannya; amina; benzena dan turunannya) dan kegunaannya.

    Kimia  Organik

    Tata nama senyawa karbon

    Ddiberikan data senyawa hidrokarbon, peserta didik dapat menentukan nama senyawa tersebut

    PG

    69

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C2

    sedang

    70

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai pengenalan struktur- tata nama senyawa karbon (alkana; alkena; alkuna; alkilhalida; alkohol; eter; aldehid; keton; asam karboksilat dan turunannya; amina; benzena dan turunannya) dan kegunaannya

    Kimia  Organik

    Tata nama senyawa karbon

    Diberikan gambar struktur senyawa karbon, peserta didik dapat memberi nama isomer fungsional dari senyawa hidrokarbon tersebut

    PG

    70

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C2

    sedang

    71

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai pengenalan struktur- tata nama senyawa karbon (alkana; alkena; alkuna; alkilhalida; alkohol; eter; aldehid; keton; asam karboksilat dan turunannya; amina; benzena dan turunannya) dan kegunaannya

    Kimia  Organik

    Kimia Karbon

    Diberikan persamaan reaksi  hidrokarbon, peserta didik dapat memilih gugus fungsional dari produk

    PG

    71

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C1

    Mudah

    72

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai pengenalan struktur- tata nama senyawa karbon (alkana; alkena; alkuna; alkilhalida; alkohol; eter; aldehid; keton; asam karboksilat dan turunannya; amina; benzena dan turunannya) dan kegunaannya

    Kimia  Organik

    Kimia Karbon

    Diberikan ganbar struktur senyawa hidrokarbon, peserta didik dapat menentukan nama senyawa tersebut menurut IUPAC

    PG

    72

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C2

    sedang

    73

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai  isomer senyawakarbon: rantai (cabang), posisi, fungsi, geometri, dan optis (kiral)

    Kimia  Organik

    Isomer

    Diberikan gambar  2 senyawa , peserta didik dapat memilih  jenis isomer 

    PG

    73

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C1

    Mudah

    74

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai  isomer senyawakarbon: rantai (cabang), posisi, fungsi, geometri, dan optis (kiral)

    Kimia  Organik

    Isomer

    Diberikan tabel nama senyawa beserta nama isomer fungsionalnya, peserta didik dapat menentukan Pasangan data yang benar

     

    PG

    74

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C2

    Sedang

    75

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai sifat khas senyawa karbon (geometri:ikatan jenuh (C sp3), ikatan tak jenuh (Csp2 atau sp); sifat kimia; reaksi kondensasi, hidrolisis, redoks, adisi, substitusi, eliminasi, dan reaksi identifikasi)

    Kimia  Organik

    Reaksi HIdrokarbon

    Diberikan 2 persamaan reaksi, Peserta didik dapat  memilih Jenis kedua reaksi tersebut secara berurutan

    PG

    75

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C1

    Mudah

    76

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai sifat khas senyawa karbon (geometri:ikatan jenuh (C sp3), ikatan tak jenuh (Csp2 atau sp); sifat kimia; reaksi kondensasi, hidrolisis, redoks, adisi, substitusi, eliminasi, dan reaksi identifikasi)

    Kimia  Organik

    Reaksi HIdrokarbon

    Diberikan wanana proses pembuatan sabun, peserta didik dapat memilih  nama prooses reaksi pada wacana tersebut 

    PG

    76

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C1

    Mudah

    77

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai sifat khas senyawa karbon (geometri:ikatan jenuh (C sp3), ikatan tak jenuh (Csp2 atau sp); sifat kimia; reaksi kondensasi, hidrolisis, redoks, adisi, substitusi, eliminasi, dan reaksi identifikasi)

    Kimia  Organik

    Reaksi HIdrokarbon

    Diberikan data hasil identifikasi senyawa hidrokarbon, peserta didik memilih gugus fungsi yang terdapat dalam senyawa tersebut

    PG

    77

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C1

    Mudah

    78

     Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai struktur, sifat, dan kegunaan makromolekul alami (polisakarida dan protein) dan sintetis (produk polimerisasiadisi dan kondensasi)

    Kimia  Organik

    Makro molekul

     

    Diberikan data percobaan uji protein pada beberapa bahan makanan, pesesrta didik dapat menunjukkan sampel yang mengandung belerang/gugus fenil

    PG

    78

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C1

    Mudah

    79

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai struktur, sifat, dan kegunaan makromolekul alami (polisakarida dan protein) dan sintetis (produk polimerisasiadisi dan kondensasi)

    Kimia  Organik

    Makro molekul

     

    Diberikan tabel beberapa jenis polimer dan monomer pembentuknya, peserta didik memilih  polimer yang terbentuk secara kondensasi / adisi

    PG

    79

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C1

    Mudah

    80

    Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai struktur, sifat, dan kegunaan makromolekul alami (polisakarida dan protein) dan sintetis (produk polimerisasiadisi dan kondensasi)

    Kimia  Organik

    Makro molekul

     

    Diberikan tabel nama senyawa dan penggolongan Karbohidrat, peserta didik memilih  pasangan yang benar

    PG

    80

    Pengetahuan – Pemahaman

    L1/C1

    Mudah

                           dari 80 butir soal diatas, ada 40 soal yang akan ditampilkan di LUS TP 2021/2022, jadi ibu harap dari sekarang banyaklah rajin-rajin mengerjaka soal sebagai persiapan LUS/ US.

  • Demikianlah kegiatan pembelajaran kita hari ini, jangan lupa tetap menjaga kesehatannya, dan selalu istiqomah dalam menjalankan ibadah nya..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisi-kisi sts kimia

kisi -kisI SAT KIMIA kelas X

Tatanama senyawa kovalen