kisi-kisi soal LUS KIMIA TP 2021/2022
Hari/ Tanggal : Rabu / 16 Februari 2022
nama Guru : Desi Amalia, S. Pd
Kelas : XII IPA 3
Pelajaran : Kimia
Materi : Kisi - Kisi soal LUS
KD : kilas balik Materi kimia kelas X, XI dan XII
Tujuan Pembelajaran : diharapkan dengan adanya kisi-kisi penyusunan soal ini dalam menghadapi LUS TP 2021/2022, siswa siswi dapat memperoleh hasil yang baik.
Assalamualaikum Wr WB..
Halo semuanya anak-anak soleh solehah kelas X IPA 2
Bagaimana kabar nya hari ini nak? Semoga dalam keadaan sehat selalu ya..
Pesan ibu, tetap menjaga prokes nya dimana pun berada,, apalagi akhir-akhir ini sedang viral namanya virus covid terbaru yaitu, jenis omicron. Jadi pesan ibu kita semua harus tetap waspada.. jangan lupa jaga kebersihan..lindungi diri kalian , dan orang² disekitar kalian..
Mohon maaf sebelumnya nak, jika selama 2 Minggu ini kita melaksanakan kembali daring, dikarenakan kebijakan dari pemerintah yang melihat adanya kasus covid versi terbaru sudah memasuki ke wilayah bandar Lampung, dan yang terpapar juga beberapa siswa siswi dan guru di bandar Lampung, sehingga untuk 2 Minggu kita tatap muka secara full online dulu yaa nak..pesan ibu, tetap semangat, sabar, selalu jaga kesehatan yaa, agar kita semua terhindar dari segala penyakit yang berbahaya.
Pada pertemuan hari ini kita akan membahas tentang kisi-kisi soal LUS TP 2021/2022..tetapi sebelum nya, silahkan simak langkah pembelajaran berikut ini :
- Isi presensi kehadiran terlebih dahulu di grup pjj WA..
- Buka blogger ibu, dan Silahkan pahami kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran pada materi hari ini dan simak kisi-kisi nya.
KISI-KISI SOAL KIMIA
-
LATIHAN UJIAN SEKOLAH
TAHUN PELJARAN 2021/2022
No.
Kompetensi yang diuji
Lingkup Materi
Materi
Indikator Soal
Bentuk Soal
No. Soal
Level Kognetif
Tingkat Kesulitan
1
Peserta didik mampu memahami Metode ilmiah, hakikat dan peran ilmu kimia, keselamatan dan keamanan di laboratorium (pengenalan dan penggunaanalat-alatlaboratorium).
Kimia Dasar
Pengenalan ilmu kimia
Diberikan beberapa gejala reaksi kimia, peserta didik dapat memasangakan Gejala yang menunjukkan ciri suatu reaksi kimia berlangsung
PG
1
Pengetahuan – pemahaman
L1/C1
Mudah
2
Peserta didik mampu memahami
Metode ilmiah, hakikat dan peran ilmu kimia, keselamatan dan keamanan di laboratorium (pengenalan dan penggunaan alat-alat laboratorium).
Kimia Dasar
Pengenalan ilmu kimia
Diberikan gambar alat di laboratorium peserta didik dapat memilih nama alat tersebut
PG
2
Pengetahuan – pemahaman
L1/C1
Mudah
3
Peserta didik mampu memahami Pengetahuan model dan struktur atom (Dalton, Thompson, Bohr, dan mekanika gelombang
Kimia Dasar
Model atom
Disajikan gambar beberapa model atom dan salah satu teori atom, Peserta didik diminta untuk menunjukkan model atom yang sesuai dengan teori tersebut
PG
3
Pengetahuan – pemahaman
L1/C1
Mudah
4
Peserta didik mampu memahami pengetahuan model dan struktur atom (Dalton, Thompson, Bohr, dan mekanika gelombang
Kimia Dasar
Model atom
Peserta didik dapat menentukan Harga keempat bilangan kuantum
PG
4
Pengetahuan – pemahaman
L1/C2
Sedang
5
Peserta didik mampu memahami pengetahuan konfigurasi elektron (Bohr dan mekanika gelombang).
Kimia Dasar
Konfigurasi elektron
Diberikan gambar sistem periodik, peserta didik menggambarkan konfigurasi elektron atom Bohr yang tepat
PG
5
Pengetahuan – pemahaman
L1/C1
Mudah
6
Peserta didik mampu memahami konfigurasi elektron (Bohr dan mekanika gelombang).
Kimia Dasar
Konfigurasi elektron
Diberikan gambar system periodic unsur, peserta didik, memilih konfigurasi electron dari salah satu Unsur
PG
6
Pengetahuan – pemahaman
L1/C1
Mudah
7
Peserta didik mampu memahami pengetahuan letak unsur (golongan dan periode) dalam SPU
Kimia Dasar
Sistem Periodik
Diberikan Diagram Orbital unsur , peserta didik dapat memperkirakan golongan dan periode unsur tersebut
PG
7
Pengetahuan – pemahaman
L1/C2
Sedang
8
Peserta didik mampu memahami pengetahuan letak unsur (golongan dan periode) dalam SPU
Kimia Dasar
Sistem Periodik
Diberikan 3 notasi unsure, peserta didik memperkirakan golongan unsure tersebut
PG
8
Pengetahuan – pemahaman
L1/C2
Sedang
9
Peserta didik mampu memahami pengetahuan tata nama senyawa organik dan anorganik
Kimia Dasar
Tata nama senyawa
Diberikan table dan rumus nama senyawa peserta didik,memasangkan data yang benar antara rumus senyawa dan nama senyawa
PG
9
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C1
Mudah
10
Peserta didik mampu memahami pengetahuan tata nama senyawa organik dan anorganik
Kimia Dasar
Tata nama senyawa
Diberikan data kation, anion dan rumus molekul, peserta didik memapasangkan data yang berhubungan secara tepat
PG
10
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C1
Mudah
11
Peserta didik mampu memahami. persamaan
dan penyetaraan reaksi kimia
Kimia Dasar
Persamaan Reaksi
Diberikan wacana kejadian dalam kehidupan sehari hari, peserta didik dapat menuliskan persamaan reaksi kejadian tersebut
PG
11
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C1
Mudah
12
Peserta didik mampu memahami.. hukum-
hukum dasar kimia (termasuk hukum gas ideal dan non ideal / RTP),
Kimia Dasar
Hukum Dasar Kimia
Diberikan Persamaan reaksi yang belum setara, peserta didik menghitung perbandingan volume gas pereaksi dan hasil reaksi yang stoikiometris sesuai hukum Gay Lussac
PG
12
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C2
Sedang
13
Peserta didik mampu memahami.. hukum-hukum dasar kimia (termasuk hukum gas ideal dan non ideal / RTP),
Kimia Dasar
Hukum Dasar Kimia
Diberikan data masa zat peserta didik membandingkan massa Berdasarkan data tersebut
PG
13
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C2
Sedang
14
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai konsep mol dan perhitungan kimia. konversi satuan zat (molaritas, molalitas, fraksi mol, % massa atau volume, bpj).
Kimia Dasar
Konsep Mol
Diberikan persamaan reaksi (belum setara), massa zat , Ar, peserta didik dapat menghitung volume gas yang dihasilkan (STP)
PG
14
Apliasi
L2/C3
Sukar
15
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai konsep mol dan perhitungan kimia. konversi satuan zat (molaritas, molalitas, fraksi mol, % massa atau volume, bpj).
Kimia Dasar
Konsep Mol
Diberikan massa zat sampel dan massa zat yang terkandung di sampel, Peserta didik menghitung ppm zat dalam sampel
PG
15
Apliasi
L2/C3
sukar
16
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai konsep mol dan perhitungan kimia. konversi satuan zat (molaritas, molalitas, fraksi mol, % massa atau volume, bpj).
Kimia Dasar
Konsep Mol
Diberikan persamaan reaksi (sudah setara), volume gas reaktan peserta didik dapat , menghitung jumlah partikel zat yang terbentuk
PG
16
Apliasi
L2/C3
Sukar
17
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai konsep mol dan perhitungan kimia. konversi satuan zat (molaritas, molalitas, fraksi mol, % massa atau volume, bpj).
Kimia Dasar
Konsep Mol
Diberikan massa air kristal dan massa krista,l peserta didik menentukan rumus senyawa kristal
PG
17
Apliasi
L2/C3
Sukar
18
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai: pengenalan teknik pemisahan atau pemurnian di laboratorium (destilasi, kristalisasi, sublimasi, kromatografi, dekantasi, magnetisasi, dan lain- lain).
Kimia Analisis
Teknik Pemisahan
Diberikan peristiwa dikehidupan sehari – hari ,peserta didik dapat memilih proses pemisahan 2 zat
PG
18
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C1
Mudah
19
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai larutan (non)-elektrolit dan daya hantar listrik
Kimia Analisis
Elektrolit – Non Elektrolit
Diberikan gambar pengujian daya hantar listrik, peserta didik dapat memilih larutan yang bersifat non elektrolit dan elektrolit lemah
PG
19
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C1
Mudah
20
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai larutan (non)-elektrolit dan daya hantar listrik
Kimia Analisis
Elektrolit – Non Elektrolit
Diberikan data percobaan sampel air, hasil pengamatan dan derajat ionisasi ,peserta didik dapat memilih limbah yang bersifat elektrolit kuat dan non elektrolit
PG
20
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C1
Mudah
21
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai sifat larutan asam-basa (kuat dan lemah) meliputi konsep kesetimbangan pengionannya dalam larutan
Kimia Analisis
Asam - Basa
Diberikan gambar larutan asam/basa lemah dan asam/basa kuat dan pernyataan terkait keduanya peserta didik menjelasan pernyataan yang tepat mengenai kedua larutan
PG
21
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C2
Sedang
22
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai sifat larutan asam-basa (kuat dan lemah) meliputi konsep kesetimbangan pengionannya dalam larutan
Kimia Analisis
Asam - Basa
Diberikan beberapa larutan dengn konsentrasi yang sama peserta didik dapat memilih larutan yang paling kuat asam/basa
PG
22
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C1
Mudah
23
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai titrasi asam-basa dan kurva titrasinya (termasuk indikator dan perubahan warnanya)
Kimia Analisis
Titrasi
Diberikan gambar grafik titrasi dan data percoban siswa pserta didik dapat menggambarkan grafik yg dibuat oleh siswa
PG
23
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C1
Mudah
24
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai titrasi asam-basa dan kurva titrasinya (termasuk indikator dan perubahan warnanya)
Kimia Analisis
Titrasi
Diberikan data percobaan Titrasi peserta didik dapat menghitung konsentrasi dari asam /basa
PG
24
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C2
Sedang
25
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai pH
Kimia Analisis
pH asam -Basa
Diberikan volume air, massa zat peserta didik dapat menghitung pH larutan asam/basa
PG
25
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C2
Sedang
26
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai pH
Kimia Analisis
pH asam -Basa
Diberikan molaritas dan konsentrasi asam/basa peserta didik dapat menghitung pH larutan asam/basa
PG
26
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C2
sedang
27
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai pH
Kimia Analisis
pH asam -Basa
Diberikan tabel harga ka/kb peserta didik dapat mengambil kesimpulan kekuatan asam/basa
PG
27
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C2
Mudah
28
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai komponen dan sifat larutan penyangga. hidrolisis garam (pH, reaksi kesetimbangan hidrolisis)
Kimia Analisis
Hidrolisis
Diberikan tabel persamaan reaksi, perkiraan pH dan sifat garam peserta didik dapat memasangkan data garam terhidrolisis yang tepat
PG
28
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C1
Mudah
29
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai komponen dan sifat larutan penyangga. hidrolisis garam (pH, reaksi kesetimbangan hidrolisis)
Kimia Analisis
Penyangga
Diberikan data perubahan pH beberapa larutan, peserta didik dapat memasangkan larutan buffer/penyangga
PG
29
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C1
Mudah
30
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai: termokimia (pengertian perubahan entalpi reaksi pada tekanan tetap; reaks ieksotermik dan endotermik
Kimia Fisik
Reaksi Eksoterm/Endoterm
Diberikan gambar percobaan, peserta didik menunjukkan terjadinya proses eksoterm pada gambar
PG
30
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C1
Mudah
31
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai: termokimia (pengertian perubahan entalpi reaksi pada tekanan tetap; reaks ieksotermik dan endotermik
Kimia Fisik
Persmaan Thermokimia
Diberikan volume dan konsetrasi asam dan basa , suhu dan kalor jenis, Peserta didik dapat menyimpulkan persamaan thermokimia yang paling tepat
PG
31
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C2
Sedang
32
Menghitung ∆H melalui: kalorimeter, tabel, hukum Hess, data energy Ikatan rata-rata;
Kimia Fisik
Entalpi
Diberikan gambar diagram penguapan air peserta didik menentukan ∆H
PG
32
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C2
Sedang
33
Menghitung ∆H melalui: kalorimeter, tabel, hukum Hess, data energy Ikatan rata-rata;
Kimia Fisik
Energi
Diberikan persamaan thermokimia, peserta didik menunjukkan pernyataan yang tepat untuk reaksi tersebut
PG
33
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C1
Mudah
34
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai laju reaksi (pengertian laju reaksi; faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi menggunakan pendekatan teori tumbukkan; kurva tingkat energi(?H) dengan dan tanpa katalis; menentukan orde dan persamaan hokum laju reaksi melalui percobaan
Kimia Fisik
Laju reaksi
Diberikan persamaan setara logam dan asam serta data pengukuran gas tiap waktu, Peserta didik menentukan laju reaksi pembentukan gas setelah beberapa detik
PG
34
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C2
Sedang
35
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai laju reaksi (pengertian laju reaksi; faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi menggunakan pendekatan teori tumbukkan; kurva tingkat energi(?H) dengan dan tanpa katalis; menentukan orde dan persamaan hokum laju reaksi melalui percobaan
Kimia Fisik
Laju Reaksi
Diberikan gambar reaksi batuan dengan asam dalam berbagai kondisi, Peserta didik dapat menunjukkan laju reaksi yang hanya dipengaruhi oleh suhu
PG
35
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C1
Mudah
36
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai kesetimbangan Kimia: pengertian kesetimbangan dan hubungan kuantitatif pereaksi dan hasil reaksi; faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan (prinsip Le Chatelier) dan penerapan nya dalam industri.
Kimia Fisik
Kesetimbangan kimia
Diberikan persamaan reaksi kesetimbangan dan pernyataan terkait reaksi diatas, peserta didik dapat memasangkan penjelasan yang tepat mengenai reaksi diatas
PG
36
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C1
Mudah
37
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai kesetimbangan Kimia: pengertian kesetimbangan dan hubungan kuantitatif pereaksi dan hasil reaksi; faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan (prinsip Le Chatelier) dan penerapan nya dalam industri..
Kimia Fisik
Kesetimbangan kimia
Diberikan data zat mula-mula,reaksi dan tersisa serta volume sistem, peserta didik menentukan harga Kc dari data tersebut
PG
37
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C2
Sedang
38
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai pengelompokkan berbagai tipe system koloid, kegunaan koloid berdasarkan sifat-sifatnya dalam kehidupan sehari-hari.
Kimia Fisik
Koloid
Diberikan beberapa contoh penerapan sifat kolid dalam kehidupan sehari –hari, peserta didik dapat memilih Penerapan koloid yang memanfaat kan sifat koloid tertentu
PG
38
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C1
Mudah
39
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai pengelompokkan berbagai tipe system koloid, kegunaan koloid berdasarkan sifat-sifatnya dalam kehidupan sehari-hari.
Kimia Fisik
Koloid
Diberikan data jenis koloid, fase terdispersi dan medium pendispersi, peserta didik memasangkan pengelompokkan sistem koloid yang tepat
PG
39
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C1
Mudah
40
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai Mengidentifikasi fenomena sifat
Koligatif larutan dalam kehidupan sehari-hari
Kimia Fisik
Aplikasi sifat Koligatif
Diberikan wacana tentang fenomena alam, peserta didik dapat memilih sifat koligatif yang terdapat dalam fenomena tersebut
PG
40
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C1
Mudah
41
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai Mengidentifikasi fenomena sifat
Koligatif larutan dalam kehidupan sehari-hari
Kimia Fisik
Aplikasi sifat Koligatif
Diberikan wacana tentang fenomena alam, peserta didik dapat memilih sifat koligatif yang terdapat dalam fenomena tersebut
PG
41
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C1
Mudah
42
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai membedakan sifat koligati flarutan elektrolit dan non elektrolit.
Kimia Fisik
Sifat Koligatif
Peserta didik mentukan tekanan osmotik dari larutan elektrolit kuat/lemah/non elektrolit
PG
42
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C2
Sedang
43
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai membedakan sifat koligati flarutan elektrolit dan non elektrolit.
Kimia Fisik
Sifat Koligatif larutan
Diberikan 5 macam larutan dengn konsentrasi yang sama, peserta didik memilih larutan yang memiliki titik didih terbesar
PG
43
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C1
Mudah
44
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai reaksi reduksi dan oksidasi kehidupan sehari-har iserta penyetaraannya.
Kimia Fisik
Reaksi Redoks
Diberikan persamaan reaksi redoks , peserta didik menentukan oksiator/reduktor
PG
44
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C2
Sedang
45
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai reaksi reduksi dan oksidasi kehidupan sehari-har iserta penyetaraannya
Kimia Fisik
Reaksi Redoks
Diberikan persamaan reaksi redoks, peserta didik menentukan harga koefisien reaksi
PG
45
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C2
Sedang
46
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai prinsip kerja sel volta dan kegunaannya
Kimia Fisik
Sel Volta
diberikan 2 persamaan reaksi dan harga E° Sel, Peserta diik dapat menentukan harga potensil sel
PG
46
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C2
Sedang
47
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai: faktor-faktorpenyebabkorosi dan pencegahannya
Kimia Fisik
Sel Volta
Diberikan gambar disgram sel volta, peserta didik membuat diagram sel yg tepat untuk gambar tersebut
PG
47
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C1
Mudah
48
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai: faktor-fakto rpenyebab korosi dan pencegahannya
Kimia Fisik
Korosi
Diberikan gambar bagan percobaan , peserta didik menunjukkan tabung yang paling cepat mengalami proses korosi
PG
48
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C1
mudah
49
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai: faktor-faktorpenyebabkorosi dan pencegahannya
Kimia Fisik
Korosi
Diberikan beberapa cara pencegahan korosi, peserta didik dapat memilih n cara yang paling tepat untuk melindungi suatu peristiwa
PG
49
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C1
Mudah
50
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai: prinsip kerja Sel elektrolisis dan penerapannya dalam industri
Kimia Fisik
Sel elektrolisis
Diberikan gambar sel ekektolisis, peserta didik meramalkan reaksi yang terjadi di katode
PG
50
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C2
Sedang
51
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai: prinsip kerja Sel elektrolisis dan penerapannya dalam industri
Kimia Fisik
Sel elektrolisis
Diberikan beberapa larutan, peserta didik dapat meramalkan pasangan reaksi di anode yang menghasilkan gas oksigen
PG
51
Apliasi
L2/C3
Sukar
52
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai penerapan stoikiometri reaksi redoks
dan hukum Faraday dalam industri
Kimia Fisik
Hukum Faraday
Diberikan kuat arus, waktu dan ar unsur, Peserta didik dapat menentukan massa yang terentuk
PG
52
Apliasi
L2/C3
Sukar
53
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai penerapan stoikiometri reaksi redoks
dan hukum Faraday dalam industri
Kimia Fisik
Hukum Faraday
Diberikan 2 larutan yang dielektolisis dengan kuat arus yang sama dan massa zat yang mengendap ( dari larutan 1), Peserta didik dapat menghitung massa zat dari larutan 2 yang mengendap
PG
53
Apliasi
L2/C3
Sukar
54
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai: sifat periodisitas (jari-jari, energi ionisasi, keelektronegatifan, afinitas elektron, sifat asam-basa dan logam-non logam).
Kimia An organik
Kimia Unsur
Diberikan 5 asam halida, peserta didik dapat mengurutkan kekuatan asam dari tinngi ke rendah / rendah ke tinggi
PG
54
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C1
mudah
55
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai: sifat periodisitas (jari-jari, energi ionisasi, keelektronegatifan, afinitas elektron, sifat asam-basa dan logam-non logam).
Kimia An organik
Kimia Unsur
Diberikan gambar sistem periodik, peserta didik dapat memilih unsur yang memiliki jari –jari atom terbesar
PG
55
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C1
Mudah
56
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai:jenis-jenis ikatan kimia serta sifat fisika yang menyertainya (titikleleh, titikdidih, daya hantar padatan, lelehan dan larutan)
Kimia An organik
Ikatan Kimia
Diberikan gambar struktur lewis peserta didik dapat menunjukkn ikatan kovalen koordinasi
PG
56
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C1
Mudah
57
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai:jenis-jenis ikatan kimia serta sifat fisika yang menyertainya (titikleleh, titikdidih, daya hantar padatan, lelehan dan larutan)
Kimia An organik
Ikatan Kimia
Diberikan 2 notasi unsur , peserta didik dapat mentukan rumus kimia dan jenis ikatan pada senyawa yang terbentuk
PG
57
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C2
Sedang
58
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai:geometrimolekul (melaluiteori VSEPR ataustrukturikatan Lewis, dan domain elektron)
Kimia An organik
Bentuk Molekul
Diberikan 2 konfigurasi elektron, peserta didik dapat menentukan bentuk molekul sesuai aturan oktet dan sifat kepolarannya
PG
58
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C2
Sedang
59
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai:hubungan interaksi antar molekul (dipol, london, dan ikatan hidrogen) dengan titik didihnya.
Kimia An organik
Bentuk Molekul
Diberikan gambar ikatan senyawa , peserta didik dapat menunjukkan ikatan hidrogen
PG
59
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C1
Mudah
60
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai teori asam-basa (Arthenius, Bronsted- Lowry atau teori asam basakonjugasi dan Lewis)
Kimia An organik
Teori Asam Basa
Diberikan Gambar asam – basa Lewis dan pernyataan terkait gambar peserta didik dapat memasangkan penjelasan yang paling tepat mengenai gambar tersebut
PG
60
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C1
Mudah
61
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai teoriasam-basa (Arthenius, Bronsted- Lowry atauteoriasambasakonjugasi dan Lewis)
Kimia An organik
Teori Asam Basa
Diberikan 2 persamaan reaksi, peserta didik dapat memasangkan pasangan asam-basa Bronsted-Lowry
PG
61
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C1
Mudah
62
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai:unsur-unsur golongan utama (gas mulia, halogen, alkali, alkali tanah), periode –3, dan transisi periode – 4 (sifat fisika, kimia atau reaktivitas, manfaatnya, dan prinsip pembuatannya). manfaat dan pembuatan
Kimia An organik
Kimia Unsur
Diberikan data suatu unsur, peserta didik dapat memilih unsur yang memiliki sifat tersebut
PG
62
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C1
Mudah
63
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai:unsur-unsur golongan utama (gas mulia, halogen, alkali, alkali tanah), periode –3, dan transisi periode – 4 (sifat fisika, kimia atau reaktivitas, manfaatnya, dan prinsip pembuatannya). manfaat dan pembuatan
Kimia An organik
Kimia Unsur
Diberikan data sifat tiga buah unsur periode 3, peserta didik dapat mengurutkan ketiga unsur berdasarkan kenaikan/penurunan nomor atom
PG
63
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C1
Mudah
64
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai:senyawa-senyawa anorganik penting dalam kehidupan sehari-hari (soda api, soda kue, soda abu, asam sulfat, amonia, NaClO, dan lain-lain) dengan cara laboratorium atau industri.
Kimia An organik
Kimia Unsur
Ddiberikan informasi tentang proses pembuatan unsur, peserta didik dapat memilih nama proses pembuatan unsur tersebut
PG
64
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C1
Mudah
65
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai:senyawa-senyawa anorganik penting dalam kehidupan sehari-hari (soda api, soda kue, soda abu, asam sulfat, amonia, NaClO, dan lain-lain) dengan cara laboratorium atau industri.
Kimia An organik
Kimia Unsur
Diberikan beberapa bahan kimia yang digunakan dalam kehidupan sehari –hari, peserta didik dapat memilih pasangan bahan kimia sebagai obat – obattan dan pengawet
PG
65
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C1
Mudah
66
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai:senyawa-senyawa anorganik penting dalam kehidupan sehari-hari (soda api, soda kue, soda abu, asam sulfat, amonia, NaClO, dan lain-lain) dengan cara laboratorium atau industri.
Kimia An organik
Kimia Unsur
Diberikan tabel Senyawa, rumus kimia dan manfaat nya, Peserta didik dapat memilih pasangan yang tepat
PG
66
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C1
Mudah
67
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai: proses pembentukan, pemisahan fraksi minyak bumi dan dampak pembakaran hidrokarbon.
Kimia Organik
Minyak bumi dan dampak pembakaran
Diberikan tabel jenis bahan bakar dan volume CO, pserta didik dapat memilih bahan bakar yang memiliki bilangan oktan tertinggi/terendah
PG
67
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C1
Mudah
68
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai pengenalan struktur- tata nama senyawa karbon (alkana; alkena; alkuna; alkilhalida; alkohol; eter; aldehid; keton; asam karboksilat dan turunannya; amina; benzena dan turunannya) dan kegunaannya.
Kimia Organik
Minyak bumi dan dampak pembakaran
Diberikan struktur benzena, peserta didik dapat memberi nama yang tepat
PG
68
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C1
Mudah
69
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai pengenalan struktur- tata nama senyawa karbon (alkana; alkena; alkuna; alkilhalida; alkohol; eter; aldehid; keton; asam karboksilat dan turunannya; amina; benzena dan turunannya) dan kegunaannya.
Kimia Organik
Tata nama senyawa karbon
Ddiberikan data senyawa hidrokarbon, peserta didik dapat menentukan nama senyawa tersebut
PG
69
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C2
sedang
70
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai pengenalan struktur- tata nama senyawa karbon (alkana; alkena; alkuna; alkilhalida; alkohol; eter; aldehid; keton; asam karboksilat dan turunannya; amina; benzena dan turunannya) dan kegunaannya
Kimia Organik
Tata nama senyawa karbon
Diberikan gambar struktur senyawa karbon, peserta didik dapat memberi nama isomer fungsional dari senyawa hidrokarbon tersebut
PG
70
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C2
sedang
71
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai pengenalan struktur- tata nama senyawa karbon (alkana; alkena; alkuna; alkilhalida; alkohol; eter; aldehid; keton; asam karboksilat dan turunannya; amina; benzena dan turunannya) dan kegunaannya
Kimia Organik
Kimia Karbon
Diberikan persamaan reaksi hidrokarbon, peserta didik dapat memilih gugus fungsional dari produk
PG
71
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C1
Mudah
72
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai pengenalan struktur- tata nama senyawa karbon (alkana; alkena; alkuna; alkilhalida; alkohol; eter; aldehid; keton; asam karboksilat dan turunannya; amina; benzena dan turunannya) dan kegunaannya
Kimia Organik
Kimia Karbon
Diberikan ganbar struktur senyawa hidrokarbon, peserta didik dapat menentukan nama senyawa tersebut menurut IUPAC
PG
72
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C2
sedang
73
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai isomer senyawakarbon: rantai (cabang), posisi, fungsi, geometri, dan optis (kiral)
Kimia Organik
Isomer
Diberikan gambar 2 senyawa , peserta didik dapat memilih jenis isomer
PG
73
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C1
Mudah
74
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai isomer senyawakarbon: rantai (cabang), posisi, fungsi, geometri, dan optis (kiral)
Kimia Organik
Isomer
Diberikan tabel nama senyawa beserta nama isomer fungsionalnya, peserta didik dapat menentukan Pasangan data yang benar
PG
74
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C2
Sedang
75
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai sifat khas senyawa karbon (geometri:ikatan jenuh (C sp3), ikatan tak jenuh (Csp2 atau sp); sifat kimia; reaksi kondensasi, hidrolisis, redoks, adisi, substitusi, eliminasi, dan reaksi identifikasi)
Kimia Organik
Reaksi HIdrokarbon
Diberikan 2 persamaan reaksi, Peserta didik dapat memilih Jenis kedua reaksi tersebut secara berurutan
PG
75
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C1
Mudah
76
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai sifat khas senyawa karbon (geometri:ikatan jenuh (C sp3), ikatan tak jenuh (Csp2 atau sp); sifat kimia; reaksi kondensasi, hidrolisis, redoks, adisi, substitusi, eliminasi, dan reaksi identifikasi)
Kimia Organik
Reaksi HIdrokarbon
Diberikan wanana proses pembuatan sabun, peserta didik dapat memilih nama prooses reaksi pada wacana tersebut
PG
76
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C1
Mudah
77
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai sifat khas senyawa karbon (geometri:ikatan jenuh (C sp3), ikatan tak jenuh (Csp2 atau sp); sifat kimia; reaksi kondensasi, hidrolisis, redoks, adisi, substitusi, eliminasi, dan reaksi identifikasi)
Kimia Organik
Reaksi HIdrokarbon
Diberikan data hasil identifikasi senyawa hidrokarbon, peserta didik memilih gugus fungsi yang terdapat dalam senyawa tersebut
PG
77
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C1
Mudah
78
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai struktur, sifat, dan kegunaan makromolekul alami (polisakarida dan protein) dan sintetis (produk polimerisasiadisi dan kondensasi)
Kimia Organik
Makro molekul
Diberikan data percobaan uji protein pada beberapa bahan makanan, pesesrta didik dapat menunjukkan sampel yang mengandung belerang/gugus fenil
PG
78
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C1
Mudah
79
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai struktur, sifat, dan kegunaan makromolekul alami (polisakarida dan protein) dan sintetis (produk polimerisasiadisi dan kondensasi)
Kimia Organik
Makro molekul
Diberikan tabel beberapa jenis polimer dan monomer pembentuknya, peserta didik memilih polimer yang terbentuk secara kondensasi / adisi
PG
79
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C1
Mudah
80
Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai struktur, sifat, dan kegunaan makromolekul alami (polisakarida dan protein) dan sintetis (produk polimerisasiadisi dan kondensasi)
Kimia Organik
Makro molekul
Diberikan tabel nama senyawa dan penggolongan Karbohidrat, peserta didik memilih pasangan yang benar
PG
80
Pengetahuan – Pemahaman
L1/C1
Mudah
dari 80 butir soal diatas, ada 40 soal yang akan ditampilkan di LUS TP 2021/2022, jadi ibu harap dari sekarang banyaklah rajin-rajin mengerjaka soal sebagai persiapan LUS/ US.
Demikianlah kegiatan pembelajaran kita hari ini, jangan lupa tetap menjaga kesehatannya, dan selalu istiqomah dalam menjalankan ibadah nya..
Komentar
Posting Komentar