kesetimbangan ion dalam larutan

 Nama : Desi Amalia, S.Pd

Mata Pelajaran : Kimia

Kelas : XI IPA 4

Kode KD : 3.11 Menganalisis kesetimbangan ion dalam larutan garam dan menghubungkan pH-nya

Materi :Kesetimbangan Ion dan pH Larutan Garam

Tujuan Pembelajaran : Melalui model pembelajaran Guided Discovery Learning dengan menggali informasi dari berbagai sumber belajar, penyelidikan sederhana dan mengolah informasi, diharapkan peserta didik terlibat aktif selama proses belajar mengajar berlangsung, memiliki sikap ingin tahu, teliti dalam melakukan pengamatan dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik serta dapat Menganalisis fenomena Kesetimbangan Ion dan pH Larutan Garam. Serta menyajikan hasil analisis berdasarkan data percobaan terkait Kesetimbangan Ion dan pH Larutan Garam, dengan mengembangkan nilai karakter berpikir kritis , kreatif (kemandirian), kerjasama (gotongroyong) dan kejujuran (integritas)

Assalamualaikum Wr WB..

Halo semuanya anak-anak soleh solehah kelas XI IPA 4 Bagaimana kbrnya hari ini? Semoga sehat selalu untuk kita semua ya... Pesan ibu, tetap menjaga prokes nya dimana pun berada,, apalagi akhir-akhir ini sedang viral namanya virus covid terbaru yaitu, jenis omicron. Jadi pesan ibu kita semua harus tetap waspada.. jangan lupa jaga kebersihan..lindungi diri kalian , dan orang² disekitar kalian..

Mohon maaf sebelumnya nak, jika selama 2 Minggu ini kita melaksanakan kembali daring, dikarenakan kebijakan dari pemerintah yang melihat adanya kasus covid versi terbaru sudah memasuki ke wilayah bandar Lampung, dan yang terpapar juga beberapa siswa siswi dan guru di bandar Lampung, sehingga untuk 2 Minggu kita tatap muka secara full online dulu yaa nak..pesan ibu, tetap semangat, sabar, selalu jaga kesehatan yaa, agar kita semua terhindar dari segala penyakit yang berbahaya.

Minggu yang lalu kita telah mempelajari tentangbagaimana cara menghitung pH suatu larutan asam dan basa, dan untuk hari ini kita akan berdiskusi tentang latihan-latihan soal yang ibu berikan hari ini .

Adapun langkah pembelajaran kita hari ini :

  • Isi presensi kehadiran terlebih dahulu di grup pjj WA..
  • Buka blogger ibu, dan Silahkan pahami kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran pada materi hari ini.
Asam adalah senyawa yang pH nya kecil dari 7, sedangkan basa memiliki pH yang besar dari 7. Ketika senyawa asam dan basa dicampur maka akan akan terjadi rekasi yang menghasilkan garam dan air. Reaksi inilah yang disebut rekasi penetralan secara umum atau disebut juga reaksi penggaraman.

Secara umum :
Asam + Basa ==> Garam + Air

Garam adalah gabungan dari anion asam dan kation basa. Misalnya kita mereaksikan HCl dengan NaOH.
HCl(aq) ==> H+(aq) + Cl-(aq)
NaOH(aq) ==> Na+(aq) + OH-(aq)

Anion asam adalah Cl- sedangkan kation basa adalah Na+, kedua ion ini akan bergabung membentuk NaCl yang merupakan garam. Sedangkan H+ dan OH- akan bergabung membentuk H2O.

Tentu menulis reaksinya tidak seperti diatas, maka secara umum rekasinya ditulis sebagai berikut :

Reaksi Penentralan

Reaksi asam basa yang akan kita bahas postingan kali ini adalah reaksi antara asam dan basa kuat. Untuk reaksi asam basa lemahnya akan dibahas pada konsep lain karena pada banyak kedaan tidak menghasilkan larutan netral. Reaksi asam dan basa kuat yang akan menghasilkan larutan bersifat netral adalah yang jumlah mol H+ dari asamnya sama dengan jumlah mol ion OH- dari basa. Ada dua kedaan lain yang bisa terjadi :

1. jika mol H+ = mol OH-, maka dapat dipastikan larutan yang dihasilkan bersifat netral
2. jika mol H+ > OH-, maka larutan akan bersifat asam. pH ditentukan oleh jumlah mol H+ yang bersisa
3. jika mol H+ < OH-, maka larutan akan bersifat basa, pH ditentukan oleh mol OH- yang bersisa

Untuk menentukan mol H+ atau OH- yang bersisa kalian dapat menggunakan stoikiometri reaksi (mula2, rekasi, sisa) atau dapat menggunakan rumus :
mol H+ sisa = mol H+ mula2 - mol OH-
mol OH- sisa = mol OH- mula2 - mol H+

Kalian juga harus ingat rumus mencari mol jika diketahui M dan V nya.
n = M x V
Jika V = mL, maka satuan n = mmol
Jika V = L, maka satuan n = mol

  • Untuk jenis-jenis reaksi penggaraman atau reaksi penetralan dapat kalian buka buku cetak di halaman 196-202.     

  • sebelum kita mengerjakan latihan soal sebagai penilaian evluasi hari ini, silahkan pahami contoh soal dibawah ini :
  1.  Nilai pH hasil reaksi 20 mL H2SO4 0,05 M dengan 10 mL NaOH 0,2 M adalah …

a. 1
b. 7
c. 12
d. 2
e. 13

Pembahasan:

Langkah pertama yaitu menentukan jumlah mol H+ dan OH pada masing-masing senyawa. Perhitungan jumlah mol berdasarkan rumus,

mol H2SO4 = 0,05 M × 20 mL = 1 mmol
mol NaOH = 0,2 M × 10 mL = 2 mmol

Kemudian, reaksikan.
H2SO4 + 2NaOH→ Na2SO4 + 2H2O
m: 1 mmol   2 mmol          –              –
b: 1 mmol   2 mmol    1 mmol   2 mmol
s:      –                –           1 mmol   1 mmol

Karena kedua pereaksi habis bereaksi dan membentuk garam, maka untuk menghitung konsentrasi H+/OH- menggunakan rumus hidrolisis garam.

Akan tetapi, hal tersebut tidak berlaku pada pereaksi asam kuat dan basa kuat karena keduanya tidak terhidrolisis.

Akibatnya, larutan yang terbentuk bersifat netral dengan pH sebesar 7.

2. Sebanyak 100 mL larutan CH3COOH 0,1 M direaksikan dengan 100 mL NaOH 1 M. pH larutan hasil reaksi tersebut adalah …
a. 2 + log 4,5
b. 14
c. 13 + log 4,5
d. 13 – log 4,5
e. 1 – log 4,5

Jawaban: c

Pembahasan:

Diketahui:
mol CH3COOH = 0,1 M × 100 mL = 10 mmol
mol NaOH = 1 M × 100 mL = 100 mmol

Ditanya: pH = … ?

Jawab:

Reaksikan kedua senyawa tersebut.
CH3COOH + NaOH→ CH3COONa + H2O
m: 10 mmol  100 mmol          –                 –
b: 10 mmol  10 mmol      10 mmol
s:      –            90 mmol      10 mmol

Reaksi di atas tersisa 90 mmol pereaksi basa kuat, NaOH, dan volume total larutan adalah,
100 mL + 100 mL = 200 mL

Oleh karena itu, konsentrasi OH- dihitung dengan rumus asam basa sederhana,
[OH-] = n × Mb
[OH-] = n × mol basa/volume total
[OH-] = 1 × 90 mmol/200 mL
[OH-] = 0,45 M atau 4,5 × 10-1

Dengan demikian diperoleh,
pOH = – log [OH-]
pOH = – log 4,5 × 10-1
pOH = 1 – log 4,5

Oleh karena pH + pOH = 14, maka:
pH = 14 – pOH
pH = 14 – (1 – log 4,5)
pH = 13 + log 4,5

  • untuk diskusi materi ini hari ini, kita coba untuk video call/ Zoom meeting ya. menggunakan baju seragam hari senin.
  • Sebagai penilaian evaluasi hari ini, kerjakan soal dibawah ini :
  1.  Jelaskan Apa yang dimaksud dengan Hidrolisis Garam ?
  2.  Berdasarkan jenis reaksi asam dan basa yang bereaksi, reaksi penggaraman terbagi menjadi berapa? sebutkan !
  3. tuliskan persamaan reaksi asam basa ( lihat latihan 5.4 ) halaman 202 di  buku cetak, kerjakan no 1a dan 1e
  • Demikianlah kegiatan pembelajaran kita hari ini, jangan lupa tetap menjaga kesehatannya, dan selalu istiqomah dalam menjalankan ibadah nya..

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisi-kisi sts kimia

kisi -kisI SAT KIMIA kelas X

Tatanama senyawa kovalen