Aturan biloks dan cara menentukan biloks suatu unsur

 Nama : Desi Amalia, S.Pd

Mata Pelajaran : Kimia

Kelas : X IPA 2

Kode KD : 3.9. Mengidentifikasi reaksi reduksi dan oksidasi menggunakan konsep bilangan oksidasi unsur

Materi : Reaksi Redoks

Tujuan Pembelajaran : Melalui model pembelajaran dengan menggunakan Discovery Learning, peserta didik diharapkan mampu Menjelaskan  aturan bilangan oksidasi unsur dalam senyawa atau ion dan Menentukan bilangan oksidasi unsur dalam senyawa atau ion dengan penuh rasa ingin tahu, teliti dalam melakukan pengamatan dan bertanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan  pantang menyerah, serta memiliki   sikap   responsif   (berpikir   kritis)   dan    proaktif   (kreatif),   serta  mampu     berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.dengan mengembangkan nilai karakter berpikir kritis , kreatif (kemandirian), kerjasama (gotongroyong) dan kejujuran (integritas) .

Assalamualaikum Wr WB..

Halo semuanya anak-anak soleh solehah kelas X IPA 2

Bagaimana kabar nya hari ini nak? Semoga dalam keadaan sehat selalu ya..

Pesan ibu, tetap menjaga prokes nya dimana pun berada,, apalagi akhir-akhir ini sedang viral namanya virus covid terbaru yaitu, jenis omicron. Jadi pesan ibu kita semua harus tetap waspada.. jangan lupa jaga kebersihan..lindungi diri kalian , dan orang² disekitar kalian..

Mohon maaf sebelumnya nak, jika selama 2 Minggu ini kita melaksanakan kembali daring, dikarenakan kebijakan dari pemerintah yang melihat adanya kasus covid versi terbaru sudah memasuki ke wilayah bandar Lampung, dan yang terpapar juga beberapa siswa siswi dan guru di bandar Lampung, sehingga untuk 2 Minggu kita tatap muka secara full online dulu yaa nak..pesan ibu, tetap semangat, sabar, selalu jaga kesehatan yaa, agar kita semua terhindar dari segala penyakit yang berbahaya.

Minggu kemarin kalian telah mempelajari tentang konsep redoks, bahwa untuk konsep redoks itu terbagi menjadi 3, yaitu :

1. Berdasarkan Pelepasan/Penerimaan elektron ( transfer elektron )

2. Berdasarkan Pelepasan/Pengikatan Oksigen 

3. Berdasarkan Perubahan Bilangan Oksidasi ( Biloks )

dan untuk pertemuan hari ini kita akan membahas konsep yang ketiga, yaitu berdasarkan perubahan biloks... 

Adapun langkah pembelajaran kita hari ini adalah :

  • Isi presensi kehadiran terlebih dahulu di grup pjj WA..
  • Buka blogger ibu, dan Silahkan pahami kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran pada materi hari ini.
  • Pahami materi dibawah ini, dan catat, ibu berikan waktu 10 menit (

  • sebelum kita mengethaui lebih lanjut tentang reaksi reduksi dan oksidasi berdasarkan konsep yang ketiga, kalian harus paham terlebih dahulu cara menentukan biloks masing-masing suatu unsur, ( seperti video di atas )
  •  setelah itu kalian harus paham bagaimana cara menentukan biloks pada suatu senyawa, seperti contoh soal berikut ini ( silahkan di pahami , dan di catat , bu desi kasih waktu 15 menit )

  • setelah memahami materi di atas, maka ibu akan mengajak kalian berdiskusi untuk mengerjakan soal dibawah ini !
1. Tentukan bilangan oksidasi S dalam SO3!
2. Tentukan bilangan oksidasi Fe dalam Fe2O3!
3. Tentukan bilangan oksidasi Cl adalam ion ClO3!
4. Tentukan bilangan oksidasi N dalam ion NH4+!

  • Demikian pembelajaran kita hari ini, tetap semangat anak soleh solehah... tetap istiqomah dalam menjalankan ibadah nya.. AAmiin..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penurunan Titik beku Larutan dan Faktor-Faktor yang mempengaruhi nya

Keselamatan dan keamanan kerja di laboratorium

KISI-KISI PTS KIMIA GANJIL KELAS X