Materi kilas balik kimia kelas X,XI dan XII
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Nama Guru : Desi Amalia, S.Pd
MataPelajaran : Kimi
Kelas: XII IPA 4
KodeKD: -
Materi: KILAS BALIK Kelas X ,XI, dan XII
Tujuan pembelajaran : Siswa dapat mengingat kembali,memahami ,serta mengerjakan soal yang diberikan tentang materi kimia kelas X , XI dan XII dalam menghadapi Ujian Sekolah ( US )
Assalamualaikum Wr WB..
Halo semuanya anak² yang solehh dan solehah.. bagaimana kabar nya hari ini? semoga sehat selalu dan dilindungi oleh ALLAH SWT yaa..
Tak terasa sudah Minggu ke 9 disemester genap ini kita berjumpa ,walau masih dalam keadaan virtual, semoga semangat kalian dalam mengikuti PJJ kimia tidak akan pernah kendor ya nak.. yang sudah mulai kendor, ayo dikencangkan lagi mengingat sebentar lagi kita akan menghadapi UJIAN SEKOLAH ( US ),dan kalian juga pasti nya sebentar lagi akan berjuang untuk memulai tahapan yang lebih tinggi yaitu menentukan arah kalian setelah lulus dari Sekolah, tujuan kalian untuk menggapai cita-cita kalian itu hendak kemana. Maka dari itu. Teruslah berjuang, teruslah berdoa, Jangan sampai ditinggalkan ibadah² kalian sholat wajib dan Sunnah nya, karena itu adalah kunci keberhasilan kalian.
Baiklah untuk pertemuan kita kali ini, kita akan membahas soal-soal kilas balik kelas X,XI, dan XII, jadi ada baiknya kalian pahami terlebih dahulu alur kegiatan PJJ kita pada hari ini :
|
Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca blogger dan menuliskannya kembali. |
Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami |
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok saling video Call untuk mendiskusikan dan mengerjakan soal-soal yang diberikan |
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok nya kepada guru dengan menggunakan media VC grup |
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah mereka kerjakan dan pelajari terkait Materi Kilas Balik Kelas X,XI, dan XII.Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali |
|
Bagaimana sudah memahami alur kegiatan Pembelajaran kita hari ini? Yuk kita simak materi ( soal nya ) dibawah ini :
1. Berikut ini kegiatan yang dilakukan siswa:
1. Membuang bahan-bahan hasil percobaan di tempat yang tersedia
2. Memanaskan cairan dengan penangas
3. Melakukan pencampuran zat ekplosif tanpa sepengetahuan guru
4. Mengembalikan sisa larutan yang sudah terkontaminasi dalam botol induknya
kegiatan di laboratoium yang memenuhi standar keselamatan dan keamanan adalah.…
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4
2. Seorang pemilik bengkel las karbid, untuk mendapatkan gas karbid ( etuna / asetilena ) beliau mereaksikan kristal kalsium karbida dengan air dalam tabung baja yang sangat kuat. Persamaan reaksi yang benar yang terjadi dalam tabung tersebut adalah:
A. CaC + H2O CaCO3 + C2H2
B. CaC2 + H2O CaCO3 + C2H2
C. CaC2 + H2O Ca(OH) + C2H2
D. CaC2 + H2O Ca(OH)2 + C2H2
E. CaC2 + 2 H2O Ca(OH)2 + C2H2
3. Dalam sebuah percobaan seorang siswa mencampurkan 2,4 gram pita magnesium dan 3,2 gram serbuk belerang dalam cawan porselin yang bertutup dan dipanaskan sehingga terjadi reaksi yang sempurna tidak ada yang sisa. Setelah cawan porselin dingin , cawan beserta hasil pembakaran ditimbang massanya 30,6 gram , jika massa cawan porselin kosong 25 gram. Maka massa zat hasil reaksi MgS adalah 5,6 gram. Hukum dasar kimia yang sesuai dengan peristiwa tersebut adalah…
A. Hukum kekekalan massa
B. Hukum perbandingan tetap
C. Hukum kelipatan berganda
D. Hukum Avogadro
E. Hukum Gay- Lussac
4. Perhatikan beberapa larutan berikut!
(1) HCl 0,5 M (3) NaCl 0,5 M
(2) C2H5OH 0,5 M (4) CO(NH2)2 0,5 M
Pasangan larutan yang memiliki daya hantar sama besar adalah ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
E. (3) dan (4)
5. PT SOAP merupakan pabrik pengolahan bahan baku sabun di Indonesia. Jika seorang karyawan magang mendapat tugas dari atasan untuk mengencerkan 100 mL NaOH 0,02 M hingga 1.000 kali, maka berapa harga pH larutan tersebut setelah diencerkan?
A. 12 + log 2
B. 11 + log 2
C. 10 + log 2
D. 9 + log 2
E. 8 + log 2
6. Dalam larutan terdapat natrium asetat 0,1 mol/L yang mengalami hidrolisis sesuai dengan persamaan: CH3COO– + H2O CH3COOH + OH–
Jika tetapan hidrolisis (Kh) adalah sebesar 10–9, pH larutan tersebut adalah ….
A. 9
B. 7
C. 6
D. 5
E. 1
7. Larutan asam asetat atau sering kita kenal dengan cuka merupakan larutan asam lemah sehingga mengalami reaksi ionisasi sebagai berikut:
CH3COOH CH3COO- + H+ dan nilai Ka = 1 x 10-5
Pada reaksi tersebut, untuk mendapatkan hasil CH3COO- yang banyak, maka pada larutan tersebut ditambahkan….
A. ion H+
B. ion OH-
C. ion Cl-
D. ion Na+
E. Air
8. Perhatikan Fenomena Alami berikut :
1) Air membeku
2) Es mencair
3) Uap air menjadi hujan
4) Fotosintesis
5) Respirasi
Reaksi Eksoterm ditunjukkan oleh nomor ….
A. 2, 3, 4
B. 2, 4, 5
C. 1, 3, 5
D. 1, 2, 3
E. 1, 4, 5
9. Perhatikan persamaan reaksi kesetimbangan berikut!
Fe3+(aq) + SCN–(aq) ⇌ FeSCN2+(aq)
(kuning coklat) (tidak berwarna) (merah darah)
Apabila pada suhu tetap, ke dalam sistem kesetimbangan tersebut ditambahkan ion SCN–, kesetimbangan akan bergeser ke arah ....
A. kanan, warna bertambah merah
B. kiri, warna memudar
C. kanan, warna memudar
D. kiri, warna bertambah merah
E. kiri, campuran menjadi tidak berwarna
Postingan populer dari blog ini
Notasi Sel Volta
Penurunan Titik beku Larutan dan Faktor-Faktor yang mempengaruhi nya
Soal-soal konsentrasi larutan
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Komentar