Posisi Atom Karbon dalam rantai karbon

Sebagai satu kesatuan yang ada di bumi ini, tentu saja atom menjadi begitu penting keberadaannya. Apalagi mengingat bahwa atom adalah merupakan partikel dasar dari suatu materi. Sehingga atom ini menjadi satu begitu penting. Menariknya, atom ini terdapat banyak sekali jenisnya. Salah satunya adalah atom karbon.

Setiap jenis atom pastinya memiliki posisi masing-masing yang memberikan manfaat. Dan tentunya posisi ini menjadi penentu bagaimana sifat setiap atom saat berkaitan dengan jenis atom lain. Dari banyak jenis atom yang ada, salah satu yang juga menjadi bagian dari partikel atau atom di dalam bumi adalah karbon.
Karbon yang berada pada posisi yang strategis memiliki berbagai sifat khas yang tidak dimliki oleh atom lain. Dan tentunya sifat khas pada atom karbon ini pastinya menentukan sifat maupun posisi karbon dalam rantai karbon. Sedangkan bentuk-bentuk rantai karbon ini terdapat dua bentuk, yaitu rantai karbon terbuka atau juga dikenal dengan sebutan Alifatik dan juga ada rantai karbon tertutup atau juga dikenal dengan sebutan Siklis.

Untuk rantai karbon terbuka ada dua jenis yaitu rantai karbon lurus dan juga rantai karbon bercabang. Sedangkan untuk rantai karbon tertutup ini terdapat karbosiklik dan juga heterocoklik. Lalu apa saja posisi karbon dalam rantai karbon?
Tentunya posisi karbon ini ditentukan oleh berbagai aspek salah satunya adalah banyaknya atom yang yang mengikat dan saling terkait dengan karbon. Lalu posisi karbon ini dibedakan menjadi beberapa macam. Diantaranya ialah sebagai berikut.

1. Posisi Atom Karbon Primer

Pertama posisi atom karbon primer. Pada posisi ini, jenis karbon yang berkaitan atau terikat dengan atom karbon hanyalah satu atom saja.

2. Posisi Atom Karbon Sekunder

Kedua atom karbon sekunder. Pada posisi ini, atom karbon yang salit terikat atau berkaitan dengan dua atom karbon yang lainnya.

3. Posisi Atom Karbon Tersier

Lalu untuk posisi ketiga, atom karbon tersier. Dimana pada posisi ini, atom karbon yang terikat atau berkaitan dengan tiga jenis atom yang lainnya.

4. Posisi Atom Karbon Kuartemer

Sedangkan pada posisi keempat, atom karbon kuartener. Dimana pada posisi ini, atom karbon akan terikat atau berkaitan dengan empat jenis atom karbon lainnya.

Perhatikan contoh berikut.
atom karbon primer sekunder tersier kuarterner
Dari contoh di atas, bisa Anda lihat jumlah atom karbon pada masing-masing posisi, yaitu:

primer : 5 (yang bertanda 1°)
sekunder : 3 (yang bertanda 2°)
tersier : 1 (yang bertanda 3°)
kuarterner : 1 (yang bertanda 4°)

Contoh soal :
1. Tentukan jumlah atom karbon primer, dalam senyawa seperti yang ditunjukkan oleh gambar dibawah ini ?
Jenis-Jenis Atom Karbon

2. Hitunglah berapa jumlah atom karbon tersier pada gambar dibawah ini :
Jenis-Jenis Atom Karbon
3.Berapa jumlah atom karbon kuarterner seperti yang ditunjukkan oleh Gambar pada soal No.2 diatas ?

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penurunan Titik beku Larutan dan Faktor-Faktor yang mempengaruhi nya

Latihan persiapan SAS Kimia Genap

Hukum Dasar Kimia