kisi -kisI SAT KIMIA kelas X

  1 . Identitas :

  • Nama Guru       : Desi Amalia, S. Pd, Gr.
  • Mata Pelajaran  : Kimia
  • Kelas                 : X.2, X.5, X.7
  • Pertemuan         : Minggu 20
2. Materi  : Kisi-Kisi SAT Kimia Kelas X

3. Capaian Pembelajaran  :  Pada akhir fase E, peserta didik memiliki kemampuan untuk memahami sistem pengukuran, energi alternatif, ekosistem, bioteknologi, keanekaragaman hayati, struktur atom, reaksi kimia, hukum-hukum dasar kimia, dan perubahan iklim sehingga responsif dan dapat berperan aktif dalam memberikan penyelesaian masalah pada isu-isu lokal dan global. Semua upaya tersebut diarahkan pada pencapaian tujuan pembangunan yang berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs).

4. Tujuan Pembelajaran  : 
Tujuan yang ingin dicapai dari pembelajaran ini adalah, 

Peserta didik dapat mengerjakan soal-soal SAT dan memperoleh hasil yang terbaik

5. Metode Pembelajaran  : Latihan soal

6. Pengembangan Materi  : 
  •  Materi :

KISI – KISI SAT KIMIA KELAS X SEMESTER GENAP

 

1.       Salah satu cara atom mencapai kestabilan adalah dengan membentuk ion melalui pelepasan atau penangkapan elektron. Perhatikan data unsur berikut:

·     Unsur Na: nomor atom 11

·     Unsur Cl: nomor atom 17

·     Unsur Mg: nomor atom 12

·     Unsur S: nomor atom 16

·     Unsur Ar: nomor atom 18

 

Dari unsur-unsur tersebut yang akan menjadi paling stabil setelah membentuk ion adalah....

2.       Dalam kehidupan sehari-hari, senyawa-senyawa kalium banyak digunakan dalam pembuatan pupuk, pembuatan sabun, hingga pembuatan pasta gigi anti sensitif. Kalium cenderung membentuk ion dalam senyawa tersebut. Proses pembentukan ion dari atom kalium berkaitan erat dengan kecenderungan atom untuk mencapai kestabilan.  Atom kalium dengan nomor atom 19 akan menjadi stabil dengan kecenderungan....

3.       Dalam sistem periodik unsur, unsur-unsur golongan gas mulia dikenal sangat stabil karena memiliki konfigurasi elektron penuh pada kulit terluarnya. Sementara itu, unsur lain seperti natrium (Na) atau klor (Cl) akan berusaha membentuk ikatan kimia untuk mencapai konfigurasi seperti gas mulia. Seorang siswa menyatakan bahwa unsur natrium (Na) cenderung melepaskan satu elektron agar stabil. Pernyataan tersebut benar karena....

4.       Pasta gigi mengandung kalsium karbonat (CaCO) yang membantu menguatkan enamel gigi. CaCO adalah senyawa padat putih yang tidak mudah larut dalam air, tetapi penting dalam menjaga struktur mineral gigi. Ion Ca² dalam pasta gigi menunjukkan bahwa senyawa tersebut memiliki komponen dengan jenis ikatan….

5.       Sebuah pabrik pupuk memproduksi senyawa yang dikenal sebagai kalsium fosfat, digunakan untuk menyuplai unsur kalsium dan fosfor ke tanaman. Ion-ion penyusunnya adalah Ca² dan PO³. Supaya pupuk ini tidak bersifat korosif, perbandingan ion harus membentuk senyawa yang netral secara muatan. Jika ingin membentuk satu unit senyawa netral dari ion Ca² dan PO³, jumlah minimal masing-masing ion yang dibutuhkan, dan rumus kimia yang terbentuk adalah....

6.       Dalam industri kimia, natrium sulfida digunakan dalam proses pengolahan bijih logam dan produksi kertas. Senyawa ini terbentuk dari reaksi antara logam natrium dengan unsur belerang. Diketahui bahwa natrium memiliki kecenderungan melepaskan satu elektron, sedangkan belerang membutuhkan dua elektron untuk mencapai kestabilan konfigurasi elektron seperti gas mulia.

 

Berdasarkan informasi tersebut, jenis ikatan yang terbentuk dan rumus kimia senyawa yang dihasilkan dari reaksi antara natrium dan belerang adalah....

7.       Perhatikan data nomor atom unsur-unsur berikut:

Unsur

Nomor Atom

H

1

K

19

Cl

17

N

7

Na

11

C

6

O

8

 

Pasangan senyawa berikut yang keduanya berikatan kovalen adalah....

8.       Rumus Kimia dan Tata nama senyawa

9.       Rumus Kimia dan Tata nama senyawa

10.   Rumus Kimia dan Tata Nama senyawa

11.   rumus kimia dari magnesium nitride

12.   Menentukan rumus kimia dan senyawa yang benar dari anion-anion yang disediakan…

13.   Menentukan nama unsur dari wacana yang telah disediakan..

14.  Nama yang benar untuk senyawa NaHSO adalah....

15.   rumus molekul dari senyawa gas-gas rumah kaca yang disebutkan dalam artikel

16.   Nama yang benar untuk senyawa CuO adalah....

17.   rumus kimia yang tepat untuk aluminium sulfat

18.   pasangan rumus kimia dan nama senyawa yang benar adalah....

19.   Menentukan penamaan senyawa yang benar

20.    Reaksi pembakaran sempurna etana (CH) dalam oksigen menghasilkan karbon dio ksida dan uap air. Persamaan reaksi yang benar dan setara adalah....

21.       Senyawa asam klorida terbentuk melalui proses reaksi kimia :  

H2 (g) + Cl2(g) → ……. HCl (g)

Angka yang tepat untuk melengkapi koefisien reaksi asam klorida (HCl) yang terbentuk adalah....

22.       Bacalah wacana di bawah ini!

Seorang siswa sedang melakukan percobaan titrasi untuk menentukan konsentrasi suatu larutan basa menggunakan asam kuat, yaitu asam sulfat (HSO). Ia mengetahui bahwa reaksi antara asam dan basa akan menghasilkan garam dan air. Dalam jurnal percobaannya, siswa tersebut menuliskan persamaan reaksi berikut:

HSO + NaOH → NaSO + HO

Namun, saat diperiksa oleh guru ternyata persamaan tersebut belum setara. Guru meminta siswa untuk menuliskan kembali persamaan reaksi yang benar dan setara.

 

Koefisien yang tepat untuk menyetarakan reaksi netralisasi antara asam kuat dan basa kuat tersebut adalah....


3.       Dalam laboratorium, logam besi (Fe) direaksikan langsung dengan gas klorin (Cl) menghasilkan senyawa besi(III) klorida (FeCl) sesuai dengan persamaan berikut:

Fe + Cl → FeCl

Koefisien yang tepat untuk menyetarakan reaksi pembentukan FeCl tersebut adalah....

A.  1 : 1 : 1

B.  1 : 3 : 1

C.  2 : 3 : 2

D.  2 : 1 : 2

E.  1 : 2 : 1

 

4.       Gas klorin (Cl) bereaksi dengan natrium hidroksida (NaOH) dalam suatu reaksi disproporsionasi, di mana Cl mengalami oksidasi dan reduksi secara bersamaan. Salah satu produk dari reaksi ini adalah natrium hipoklorit (NaOCl), sedangkan produk lainnya adalah natrium klorida (NaCl) sesuai dengan persamaan reaksi berikut:

Cl + NaOH → NaCl + NaClO + HO

Persamaan reaksi yang benar dan setara adalah....

A.    Cl + 2NaOH → NaCl + NaClO + HO

B.    2Cl + 4NaOH → 2NaCl + 2NaClO + 2HO

C.    Cl + NaOH → 2NaCl + NaClO + HO

D.    3Cl + 6NaOH → 5NaCl + NaClO + 3HO

E.    Cl + 4NaOH → NaCl + NaClO + 2HO

 

5.       Kalsium karbonat adalah salah satu jenis senyawa yang terdapat dalam cangkang telur dan dapat bereaksi dengan asam klorida sesuai persamaan reaksi berikut :

………….CaCO3 (s) + ………..HCl (aq) → ……….CaCl2 (aq) + ………..H2O (l) + ……….CO2 (g)

Koefisien reaksi zat-zat yang bereaksi di atas secara berturut-turut adalah....

A.    1, 2, 2, 1, 1

B.    1, 2, 1, 2, 2

C.    2, 1, 1, 1, 1

D.    2, 1, 2, 1, 1

E.    1, 2, 1, 1, 1

6.       Bacalah teks di bawah ini dengan seksama!

Secara umum, air hujan yang turun jatuh ke tanah dan mengalami infiltrasi masuk ke dalam tanah yang mengandung FeO akan bereaksi dengan H2O dan CO2 di dalam tanah, membentuk senyawa besi (II). Semakin dalam air yang meresap ke dalam tanah, semakin tinggi juga kelarutan besi (II) bikarbonat dalam air tersebut. Air tanah yang mengandung banyak Fe akan berwarna kuning dan menyebabkan rasa logam Fe dalam air serta menimbulkan korosi pada benda yang terbuat dari logam. Persamaan reaksi yang tepat untuk pembentukan molekul Fe(HCO3)2 adalah....

A.      FeO (s) + CO3 (g) → Fe(HCO3)2 (aq) 

B.      FeO (s) + 2H2O (l) + CO2 (g) → Fe(HCO3)2 (aq) 

C.     FeO (s) + 2HCO3 (g) → Fe(HCO3)2 (aq) 

D.     FeO (s) + H2O (l) + 2CO2 (g) → Fe(HCO3)2 (aq) 

E.      FeO (s) + H2O (l) + CO2 (g) → Fe(HCO3)2 (aq) 

7.       Perhatikan reaksi pembakaran hidrokarbon berikut:​

CH + O → CO + HO​

Koefisien yang tepat untuk menyetarakan reaksi di atas adalah...​

A.      1, 3, 3, 4

B.      1, 5, 3, 4

C.     2, 7, 6, 8

D.     1, 4, 3, 3

E.      2, 6, 4, 6

 

8.       Dalam proses pembakaran sempurna gas metana (CH4) di kompor gas, metana bereaksi dengan oksigen di udara menghasilkan karbon dioksida dan uap air. Jika Anda lupa menyetel katup udara pada kompor, pembakaran tidak sempurna dapat terjadi dan menghasilkan karbon monoksida (CO) yang beracun. Persamaan reaksi yang belum setara untuk pembakaran tidak sempurna metana adalah:

CH4(g) + O2(g) → CO(g) + HO(g)​

Koefisien yang tepat untuk menyetarakan persamaan reaksi di atas adalah....

A.      2, 3, 2, 4

B.      2, 3, 2, 2

C.     2, 5, 2, 4

D.     2, 5, 2, 2

E.      4, 5, 4, 8

 

9.       Seorang siswa menuliskan persamaan reaksi pembentukan amonia dari gas nitrogen dan gas hidrogen sebagai berikut:

N2(g) +3H2(g) → 2NH3(g)

Setelah memeriksa kembali, guru kimia memberikan beberapa pernyataan terkait persamaan reaksi tersebut:

            I.    Jumlah atom nitrogen di ruas kiri sama dengan jumlah atom nitrogen di ruas kanan.

          II.    Jumlah molekul hidrogen yang bereaksi adalah tiga kali jumlah molekul amonia yang dihasilkan.

        III.    Perbandingan koefisien nitrogen dan amonia adalah 1:2.

        IV.    Massa total reaktan sama dengan massa total produk sesuai hukum kekekalan massa.

         V.    Pada reaksi ini, 1 mol gas nitrogen bereaksi dengan 3 mol gas hidrogen menghasilkan 1 mol gas amonia.

 

Pernyataan yang tidak tepat mengenai persamaan reaksi yang telah disetarakan tersebut adalah....

A.  I dan II

B.  II dan III

C.  III dan V

D.  IV dan II

E.  II dan V

 

10.   Dalam industri pembuatan asam sulfat (H2SO4), salah satu tahap penting adalah reaksi antara belerang dioksida (SO2)dengan oksigen (O2) menghasilkan belerang trioksida (SO3) dengan bantuan katalis vanadium(V) oksida (V2O5). Seorang teknisi kimia ingin menuliskan persamaan reaksi setara untuk tahap ini. Jika diketahui reaktan adalah belerang dioksida dan oksigen, serta produknya adalah belerang trioksida, maka persamaan reaksi kimia setara yang tepat adalah....

A.  SO2(g) + O2(g) SO3(g)

B.  2SO2(g) + O2(g) 2SO3(g)

C.  SO2(g) + 2O2(g) SO3(g)

D.  S2O4(g) + O2(g) 2SO3(g)

E.  2SO2(g) + 3O2(g) 2SO3(g)

 

11.   Perhatikan beberapa persamaan reaksi berikut:

I.    Na(s) + Cl2(g)     NaCl(s)

II.   CH4(g) + 3O2(g)    CO2(g) + 2H2O(g)

III. Mg(s) + O2(g)       MgO(s)

IV. 2Al(s) + 3H2SO4(aq)        Al2(SO4)3(aq) + 3H2(g)

V.  Cu(s) + HNO3(aq)      Cu(NO3)2(aq) + NO2(g) + H2O(l)

 

Seorang siswa diminta untuk mengidentifikasi persamaan reaksi yang sudah setara dengan memberikan alasan yang benar. Persamaan reaksi yang sudah setara beserta alasannya adalah....

A.  I, karena jumlah atom Na dan Cl sama di kedua sisi persamaan.

B.  II, karena jumlah atom C, H, dan O sama di kedua sisi persamaan.

C.  III, karena jumlah atom Mg dan O sama di kedua sisi persamaan.

D.  IV, karena jumlah atom Al, H, S, dan O sama di kedua sisi persamaan.

E.  V, karena jumlah Cu, H, N, dan O sama di kedua sisi persamaan

 

12.  

C

 

Seorang siswa mengamati proses fotosintesis pada tanaman di rumah kaca sekolah. Ia membaca informasi dalam buku bahwa proses fotosintesis dapat dijelaskan dengan persamaan reaksi sebagai berikut:

6CO (g) + 6H2O (g) → C6H12O6 (l)+ 6O2 (g)

Dalam lingkungan lembap, sebagian besar air yang digunakan dalam fotosintesis berada dalam bentuk uap. Siswa tersebut ingin menghitung berapa mol uap air yang diperlukan untuk menghasilkan 1 mol glukosa melalui reaksi tersebut.

 

Menurut persamaan reaksi di atas, jumlah mol uap air  yang diperlukan untuk membentuk 1 mol glukosa  adalah sebanyak....

A.    2 mol

B.    3 mol

C.    4 mol

D.    5 mol

E.    6 mol

 

13.   Bacalah wacana berikut dengan seksama!

Seorang teknisi laboratorium melakukan percobaan pembakaran gas metana (CH) dalam tabung pembakar. Metana, yang merupakan komponen utama dari gas alam, dibakar sempurna di udara dengan suplai oksigen yang cukup. Proses ini menghasilkan gas karbon dioksida (CO) dan uap air (HO) serta melepaskan energi panas yang cukup besar. Reaksi kimia pembakaran sempurna metana dapat dituliskan sebagai berikut:

CH4 (g) + 2O2 (g) → CO2(g) + 2H2O (g)  (persamaan reaksi setara)

Teknisi tersebut membakar sejumlah mol metana dan ingin mengetahui berapa mol karbon dioksida yang dihasilkan berdasarkan reaksi tersebut.

 

Jika 1 mol metana dibakar sempurna, maka jumlah mol karbon dioksida yang dihasilkan adalah....

A.     5 mol

B.     4 mol

C.     3 mol

D.     2 mol

E.     1 mol

 

14.   Diketahui massa atom relatif (Ar) Na = 23 gr/mol;  H = 1 gr/mol; O = 16 gr/mol; C = 12 gr/mol;        N = 14 gr/mol) serta beberapa rumus senyawa berikut:

(1)   NaOH

(2)   CH3COOH

(3)   Na2CO3

(4)   NH4OH

Di antara senyawa tersebut, yang mempunyai massa molekul 60 gr/mol ditunjukkan oleh nomor….

A.    (1), (2), dan (3)

B.    (1) dan (3)

C.    (2) dan (4)

D.    (2) saja

E.    (1), (2), (3), dan (4)

15.   Dalam suatu percobaan, 0,5 mol gas oksigen (O2) dilepaskan ke dalam ruangan pada suhu dan tekanan standar (STP). Jumlah volume gas oksigen yang dilepaskan pada kondisi STP adalah....

(Volume molar gas pada STP = 22,4 L/mol)

A.    11,2 L

B.    22,4 L

C.    33,6 L

D.    44,8 L

E.    56,0 L

 

16.   Seorang siswa memiliki 3 mol natrium klorida (NaCl) dalam percobaannya. Ia ingin mengetahui berapa massa NaCl yang digunakan dalam reaksi tersebut. Massa NaCl yang digunakan dalam percobaan jika Mr NaCl= 58,5 g/mol adalah....

A.    58,5 gram

B.    117 gram

C.    174 gram

D.    175,5 gram

E.    210 gram

 

17.   Tabel senyawa-senyawa nitrogen oksida:

Senyawa

Massa N (g)

Massa O (g)

No.

14

16

NO2

14

32

Data di atas menunjukkan hubungan yang mendukung hukum....

A.    Hukum Avogadro

B.    Hukum Proust

C.    Hukum Perbandingan Berganda

D.    Hukum Kekekalan Massa

E.    Hukum Volume Gas

18.   Tabel massa reaktan dan produk:

Zat

Massa (g)

Fe

56

S

32

FeS

88

 

Berdasarkan data pada tabel massa reaktan dan produk di atas, hukum dasar yang didukung oleh data pada tabel adalah....

A.    Hukum Perbandingan Berganda

B.    Hukum Kekekalan Massa

C.    Hukum Avogadro

D.    Hukum Volume Gas

E.    Hukum Proust

19.   Tabel berikut menunjukkan data reaksi pembentukan air:

 

Percobaan

Massa H (g)

Massa O (g)

Massa HO (g)

1

4,0

32,0

36,0

2

2,0

16,0

18,0

3

6,0

48,0

54,0

 

Berdasarkan data di atas, hukum dasar kimia yang berlaku adalah....

A.  Hukum Perbandingan Tetap

B.  Hukum Perbandingan Berganda

C.  Hukum Kekekalan Massa

D.  Hukum Avogadro

E.  Hukum Gas Ideal

20.   Dua senyawa berbeda yang terdiri dari unsur karbon dan oksigen memiliki perbandingan massa sebagai berikut:

Senyawa

 Massa C (g)

 Massa O (g)

 A      

 12        

 16         

 B      

 12         

 32         

 

Data di atas membuktikan hukum....

A.  Hukum Kekekalan Massa

B.  Hukum Perbandingan Berganda

C.  Hukum Perbandingan Tetap

D.  Hukum Avogadro

E.  Hukum Dalton

 

 

 

 

 

 

 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisi-kisi sts kimia

Kisi-kisi STS Kimia Fase E

Perubahan materi