| 
   Guru
  : 
   | 
 
 
  | 
   Orientasi 
   | 
 
 
  | 
   ●  
   | 
  
   Melakukan
  pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan
  YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran 
   | 
 
 
  | 
   ●  
   | 
  
   Memeriksa
  kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin 
   | 
 
 
  | 
   ●  
   | 
  
   Menyiapkan
  fisik dan psikis peserta didik  dalam
  mengawali kegiatan pembelajaran. 
   | 
 
 
  | 
   Aperpepsi 
   | 
 
 
  | 
   ●  
   | 
  
   Mengaitkan
  materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
  peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya  
   | 
 
 
  | 
   ●  
   | 
  
   Mengingatkan
  kembali materi prasyarat dengan bertanya.  
   | 
 
 
  | 
   ●  
   | 
  
   Mengajukan
  pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. 
   | 
 
 
  | 
   Motivasi 
   | 
 
 
  | 
   ●  
   | 
  
   Memberikan
  gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
  kehidupan sehari-hari. 
   | 
 
 
  | 
   ●  
   | 
  
   Apabila
  materitema/projek ini kerjakan  dengan
  baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
  diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : 
   | 
 
 
  | 
     
   | 
  
   Beberapa
  Sel Volta dalam Kehidupan Sehari-hari 
   | 
 
 
  | 
     
   | 
  
     
   | 
 
 
  | 
   ●  
   | 
  
   Menyampaikan
  tujuan pembelajaran pada pertemuan yang 
  berlangsung 
   | 
 
 
  | 
   ●  
   | 
  
   Mengajukan
  pertanyaan 
   | 
 
 
  | 
   Pemberian
  Acuan 
   | 
 
 
  | 
   ●  
   | 
  
   Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada
  pertemuan saat itu. 
   | 
 
 
  | 
   ●  
   | 
  
   Memberitahukan
  tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
  yang  berlangsung 
   | 
 
 
  | 
   ●  
   | 
  
   Pembagian
  kelompok belajar 
   | 
 
 
  | 
   ●  
   | 
  
   Menjelaskan
  mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar 
  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. 
   | 
 
 
  | 
   Kegiatan Inti ( 150 Menit ) 
   | 
 
 
  | 
   Sintak Model Pembelajaran 
   | 
  
   Kegiatan Pembelajaran 
   | 
 
 
  | 
   Stimulation 
  (stimullasi/  
  pemberian  
  rangsangan) 
   | 
  
   KEGIATAN LITERASI 
   | 
 
 
  | 
   Peserta
  didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
  materi Beberapa Sel Volta dalam Kehidupan Sehari-hari dengan cara : 
   | 
 
 
  | 
   → 
   | 
  
   Melihat
  (tanpa atau dengan Alat) 
   | 
 
 
  | 
     
   | 
  
   Menayangkan
  gambar/foto/video yang relevan. 
   | 
 
 
  | 
   → 
   | 
  
   Mengamati 
   | 
 
 
  | 
   ● 
   | 
  
   Lembar
  kerja materi Beberapa Sel Volta dalam Kehidupan Sehari-hari 
   | 
 
 
  | 
   ● 
   | 
  
   Pemberian
  contoh-contoh materi Beberapa Sel Volta dalam Kehidupan Sehari-hari untuk
  dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb 
   | 
 
 
  | 
   → 
   | 
  
   Membaca. 
   | 
 
 
  | 
     
   | 
  
   Kegiatan
  literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari
  buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
  berhubungan dengan Beberapa Sel Volta dalam Kehidupan Sehari-hari 
   | 
 
 
  | 
   → 
   | 
  
   Menulis 
   | 
 
 
  | 
     
   | 
  
   Menulis
  resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Beberapa Sel Volta dalam
  Kehidupan Sehari-hari 
   | 
 
 
  | 
   → 
   | 
  
   Mendengar 
   | 
 
 
  | 
     
   | 
  
   Pemberian
  materi Beberapa Sel Volta dalam Kehidupan Sehari-hari oleh guru. 
   | 
 
 
  | 
   → 
   | 
  
   Menyimak 
   | 
 
 
  | 
     
   | 
  
   Penjelasan
  pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
  mengenai materi : 
   | 
 
 
  | 
     
   | 
  
   Beberapa
  Sel Volta dalam Kehidupan Sehari-hari 
   | 
 
 
  | 
     
   | 
  
     
   | 
 
 
  | 
     
   | 
  
   untuk
  melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan,
  ketelitian, mencari informasi. 
   | 
 
 
  | 
   Problem
   
  statemen  
  (pertanyaan/ 
  identifikasi  
  masalah) 
    
   | 
  
   CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) 
   | 
 
 
  | 
   Guru
  memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
  mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
  dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : 
   | 
 
 
  | 
   → 
   | 
  
   Mengajukan
  pertanyaan tentang materi : 
   | 
 
 
  | 
     
   | 
  
   Beberapa
  Sel Volta dalam Kehidupan Sehari-hari 
   | 
 
 
  | 
     
   | 
  
     
   | 
 
 
  | 
   yang
  tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
  informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual
  sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
  kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk
  pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.  
   | 
 
 
  | 
   Data
   
  collection  
  (pengumpulan  
  data) 
   | 
  
   KEGIATAN LITERASI 
   | 
 
 
  | 
   Peserta
  didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
  diidentifikasi melalui kegiatan: 
   | 
 
 
  | 
   → 
   | 
  
   Mengamati
  obyek/kejadian 
   | 
 
 
  | 
     
   | 
  
   Mengamati
  dengan seksama materi Beberapa Sel Volta dalam Kehidupan Sehari-hari yang
  sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan
  dan mencoba menginterprestasikannya. 
   | 
 
 
  | 
   → 
   | 
  
   Membaca
  sumber lain selain buku teks 
   | 
 
 
  | 
     
   | 
  
   Secara
  disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai
  referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman
  tentang materi Beberapa Sel Volta dalam Kehidupan Sehari-hari yang sedang
  dipelajari. 
   | 
 
 
  | 
   → 
   | 
  
   Aktivitas 
   | 
 
 
  | 
     
   | 
  
   Menyusun
  daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
  mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Beberapa
  Sel Volta dalam Kehidupan Sehari-hari yang sedang dipelajari. 
   | 
 
 
  | 
   → 
   | 
  
   Wawancara/tanya
  jawab dengan nara sumber 
   | 
 
 
  | 
     
   | 
  
   Mengajukan
  pertanyaan berkaiatan dengan materi Beberapa Sel Volta dalam Kehidupan
  Sehari-hari yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru. 
   | 
 
 
  | 
     
   | 
  
     
   | 
 
 
  | 
   COLLABORATION (KERJASAMA) 
   | 
 
 
  | 
   Peserta
  didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk: 
   | 
 
 
  | 
   → 
   | 
  
   Mendiskusikan 
   | 
 
 
  | 
     
   | 
  
   Peserta
  didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai
  materi Beberapa Sel Volta dalam Kehidupan Sehari-hari 
   | 
 
 
  | 
   → 
   | 
  
   Mengumpulkan
  informasi 
   | 
 
 
  | 
     
   | 
  
   Mencatat
  semua informasi tentang materi Beberapa Sel Volta dalam Kehidupan Sehari-hari
  yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan
  menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. 
   | 
 
 
  | 
   → 
   | 
  
   Mempresentasikan
  ulang 
   | 
 
 
  | 
     
   | 
  
   Peserta
  didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
  percaya diri Beberapa Sel Volta dalam Kehidupan Sehari-hari sesuai dengan
  pemahamannya. 
   | 
 
 
  | 
   → 
   | 
  
   Saling
  tukar informasi tentang materi : 
   | 
 
 
  | 
     
   | 
  
   Beberapa
  Sel Volta dalam Kehidupan Sehari-hari 
   | 
 
 
  | 
     
   | 
  
     
   | 
 
 
  | 
   dengan
  ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh
  sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
  kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
  peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
  mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
  kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
  berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
  sepanjang hayat. 
   | 
 
 
  | 
   Data
   
  processing  
  (pengolahan  
  Data)  
   | 
  
   COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) 
   | 
 
 
  | 
   Peserta
  didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara
  : 
   | 
 
 
  | 
   → 
   | 
  
   Berdiskusi
  tentang data dari Materi : 
   | 
 
 
  | 
     
   | 
  
   Beberapa
  Sel Volta dalam Kehidupan Sehari-hari 
   | 
 
 
  | 
     
   | 
  
     
   | 
 
 
  | 
   → 
   | 
  
   Mengolah
  informasi dari materi Beberapa Sel Volta dalam Kehidupan Sehari-hari yang
  sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
  kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
  berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. 
   | 
 
 
  | 
   → 
   | 
  
   Peserta
  didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Beberapa Sel Volta dalam
  Kehidupan Sehari-hari 
   | 
 
 
  | 
   Verification
  (pembuktian)  
   | 
  
   CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) 
   | 
 
 
  | 
   Peserta
  didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
  dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : 
   | 
 
 
  | 
   → 
   | 
  
   Menambah
  keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
  mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
  sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
  disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
  kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : 
   | 
 
 
  | 
     
   | 
  
   Beberapa
  Sel Volta dalam Kehidupan Sehari-hari 
   | 
 
 
  | 
     
   | 
  
     
   | 
 
 
  | 
   antara
  lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
  membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik. 
   | 
 
 
  | 
   Generalization
  (menarik kesimpulan)  
   | 
  
   COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) 
   | 
 
 
  | 
   Peserta
  didik berdiskusi untuk menyimpulkan 
   | 
 
 
  | 
   → 
   | 
  
   Menyampaikan
  hasil diskusi  tentang materi Beberapa
  Sel Volta dalam Kehidupan Sehari-hari berupa kesimpulan berdasarkan hasil
  analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap
  jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan
  pendapat dengan sopan. 
   | 
 
 
  | 
   → 
   | 
  
   Mempresentasikan
  hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi : 
   | 
 
 
  | 
     
   | 
  
   Beberapa
  Sel Volta dalam Kehidupan Sehari-hari 
   | 
 
 
  | 
     
   | 
  
     
   | 
 
 
  | 
   → 
   | 
  
   Mengemukakan  pendapat 
  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi  Beberapa Sel Volta dalam Kehidupan
  Sehari-hari dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan. 
   | 
 
 
  | 
   → 
   | 
  
   Bertanya
  atas presentasi tentang materi 
  Beberapa Sel Volta dalam Kehidupan Sehari-hari yang dilakukan dan
  peserta didik lain diberi kesempatan  untuk
  menjawabnya. 
   | 
 
 
  | 
     
   | 
  
     
   | 
 
 
  | 
   CREATIVITY (KREATIVITAS) 
   | 
 
 
  | 
   → 
   | 
  
   Menyimpulkan
  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
  dilakukan berupa :  
   | 
 
 
  | 
     
   | 
  
   Laporan
  hasil pengamatan secara tertulis tentang materi : 
   | 
 
 
  | 
     
   | 
  
   Beberapa
  Sel Volta dalam Kehidupan Sehari-hari 
   | 
 
 
  | 
     
   | 
  
     
   | 
 
 
  | 
   → 
   | 
  
   Menjawab
  pertanyaan tentang materi  Beberapa Sel
  Volta dalam Kehidupan Sehari-hari yang terdapat pada buku pegangan peserta
  didik atau lembar kerja yang telah disediakan. 
   | 
 
 
  | 
   → 
   | 
  
   Bertanya
  tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
  kepada siswa berkaitan dengan materi 
  Beberapa Sel Volta dalam Kehidupan Sehari-hari yang akan selesai
  dipelajari 
   | 
 
 
  | 
   → 
   | 
  
   Menyelesaikan
  uji kompetensi untuk materi  Beberapa
  Sel Volta dalam Kehidupan Sehari-hari yang terdapat pada buku pegangan
  peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu
  untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran. 
   | 
 
 
  | 
   Catatan
  : Selama pembelajaran  Beberapa Sel
  Volta dalam Kehidupan Sehari-hari berlangsung, guru mengamati sikap siswa
  dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
  jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
  lingkungan 
   | 
 
 
  | 
   Kegiatan Penutup (15 Menit) 
   | 
 
 
  | 
   Peserta
  didik : 
   | 
 
 
  | 
   ●  
   | 
  
   Membuat
  resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang
  muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi  Beberapa Sel Volta dalam Kehidupan
  Sehari-hari yang baru dilakukan. 
   | 
 
 
  | 
   ●  
   | 
  
   Mengagendakan
  pekerjaan rumah untuk materi pelajaran 
  Beberapa Sel Volta dalam Kehidupan Sehari-hari yang baru diselesaikan. 
   | 
 
 
  | 
   ●  
   | 
  
   Mengagendakan
  materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
  mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. 
   | 
 
 
  | 
   Guru
  : 
   | 
 
 
  | 
   ●  
   | 
  
   Memeriksa
  pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi
  pelajaran  Beberapa Sel Volta dalam
  Kehidupan Sehari-hari 
   | 
 
 
  | 
   ●  
   | 
  
   Peserta
  didik yang  selesai mengerjakan tugas
  projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
  nomor urut peringkat,  untuk penilaian
  tugas  
   | 
 
 
  | 
   ●  
   | 
  
   Memberikan
  penghargaan untuk materi pelajaran 
  Beberapa Sel Volta dalam Kehidupan Sehari-hari kepada kelompok yang
  memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. 
   | 
 
Komentar
Posting Komentar